Follow Us

Tips Foto Asyik Saat Mudik

Deliusno - Senin, 20 Juli 2015 | 09:34
Ilustrasi mudik melalui jalan bebas hambatan perlu melakukan beberapa persiapan
Shutterstock

Ilustrasi mudik melalui jalan bebas hambatan perlu melakukan beberapa persiapan

NEXTREN - Mudik adalah waktunya berkumpul dengan keluarga. Ada pula kesempatan jalan-jalan atau melihat obyek wisata di kampung halaman. Tentu, di saat-saat seperti ini kamu akan menemui banyak kesempatan untuk menjepret foto yang berkesan. Bagaimana caranya supaya bisa menghasilkan foto yang apik? Komunitas foto The Cooperative of Photography (COOPH) belum lama ini membagikan beberapa tip singkat untuk mencapai hal tersebut.

Memang, contoh lokasi yang diberikan sedikit berbeda dari suasana mudik. Akan tetapi, Nextren yakin kamu bisa juga mengaplikasikan tip yang diberikan itu.Berikut beberapa tips yang dirangkum Nextren dari video tersebut. Selengkapnya bisa kamu lihat dalam tayangan di akhir tulisan ini.1. Persiapan, buat kamera kamu "berantakan"Orang dalam video menempelkan beberapa selotip ke bagian tubuh kamera supaya perangkat tersebut terlihat usang. Tujuannya? Supaya copet yang berkeliaran tidak tertarik untuk mencuri kamera kita!Persiapan lainnya, bisa juga mengambil foto identitas kamu. Jika kamera hilang dan ditemukan di tangan orang baik-baik, si penemu bisa melihat galeri dan menemukan informasi mengenai pemilik di bagian tersebut.
Dengan kamera "jelek" yang tak menarik perhatian dan lebih kecil kemungkinannya untuk dibawa kabur maling, kamu pun bisa lebih pede menenteng kamera serta mengabadikan momen-momen menarik.2. Gunakan Tali Panjat GunungKarena digunakan untuk menopang tubuh saat memanjat gunung, tali seperti ini ternyata cocok juga digunakan sebagai hand-strap. Tali tersebut bisa menahan kamera supaya tak mencium lantai, apabila secara tidak sengaja tergelincir dari tangan.Tali ini pun bisa kamu pasangkat ke tripod. Fungsinya, sebagai penahan agar tripod tidak tergelincir saat kamu sedang berusaha menggapai angle yang sangat sulit.3. Mulai mengambil foto, lempar kamera kamuSetelah persiapan selesai, mulailah mengambil foto. Saran terbaik adalah dengan mengambil angle kamera yang bagus.Jika kamu punya kamera tangguh macam GoPro, silahkan coba tip berikut ini. COOPH memberikan saran untuk melempar kamera ke udara dalam mode merekam video. Hasilnya, angle foto yang tidak biasa, tapi sangat bagus.Cukup riskan apabila kamu tidak bisa menangkap kembali kamera. Tetapi, dengan kekuatan tubuh yang dimiliki GoPro, seharusnya perangkat tidak akan rusak apabila gagal tertangkap, asalkan ketinggian jatuh tak terlalu ekstrim.Perlu dicatat bahwa cara ini tidak disarankan untuk dicoba dengan kamera DSLR atau ponsel.4. Tempelkan atau taruh kamera di tempat tidak biasaDalam contoh yang diberikan, COOPH menempelkan kamera GoPro di dayung seorang pendayung kapal. Hasil fotonya sungguh luar biasa.Nah, kamu bisa juga mengaplikasikannya dengan menempelkan kamera di depan dashboard mobil. Bisa juga ditempelkan di bagian spion. Namun, jangan lupa untuk diambil kembali.5. Bangun lebih pagiBangunlah lebih dini di pagi hari untuk mengambil foto saat matahari baru terbit. Pencahayaan di momen itu bisa membuat foto kamu tampak lebih dramatis.Tidak hanya dalam perjalanan, tip yang satu ini juga bisa diaplikasikan saat kamu sudah tiba di daerah tujuan.6. Tunggu momen yang tepatKamu harus lebih peka pada segala momen dan lingkungan. Karena segala sesuatu yang ada di sekitar kamu bisa dijadikan frame dan "aksesoris" foto yang indah. Sebagai contoh, kamu bisa menjadikan dua pohon besar yang sejajar mengapit sebuah gunung. Dua pohon tersebut menjadi framenya dan gunung tersebut menjadi objeknya.Selamat mencoba!

Source : The Cooperative of Photography

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest