Follow Us

Kini Hape BM di Indonesia Benar-benar Diblokir Setelah Molor Berbulan-bulan

Wahyu Subyanto - Rabu, 16 September 2020 | 22:52
Contoh hape BM yang marak dijual online
yusuf

Contoh hape BM yang marak dijual online

Nextren.com - Setelah tertunda berbulan-bulan, akhirnya malam ini aturan pemblokiran IMEI hape ilegal benar-benar diberlakukan.

Pemblokiran IMEI hape ilegal sudah mulai dujicoba sejak 17 Februari 2020, lalu bakal mulai diterapkan pada bulan April 2020.

Namun karena kesiapan perangkat dan sistem belum lengkap, maka pemblokiran terus tertunda, hingga hari ini benar-benar diterapkan.

Pemerintah kini resmi memberlakukan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk perangkat telekomunikasi jenis handphone, komputer genggam, dan komputer tablet (HKT).

Baca Juga: 3 Aplikasi Ini Akan Hadir Untuk Saingi TikTok, Lebih Bagus Mana?

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI, mulai Selasa, 15 September 2020 Pukul 22.00 WIB.

Dalam rangka perlindungan konsumen, maka diperlukan pengendalian IMEI pada perangkat telekomunikasi yang dibeli dan menggunakan perangkat yang memenuhi standar, sah atau legal.

Tujuannya agar dapat memberikan kepastian hukum kepada operator dalam menghubungkan perangkat yang sah ke jaringan telekomunikasi.

Kebijakan pengendalian IMEI tersebut diselenggarakan bersama Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan didukung seluruh operator telekomunikasi seluler.

Baca Juga: Berikut Cara Mudah Hubungkan Disney+ Hotstar ke Smart TV Kalian

Sejak diberlakukannya peraturan tersebut, sistem Central Equipment Identity Register (CEIR) sebagai pusat pengolahan informasi IMEI telah dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) untuk mengintegrasikan sistem Equipment Identity Register dari 5 operator.

Penyempurnaan sistem dilakukan terus menerus untuk menjamin kesiapan pengendalian IMEI.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest