Follow Us

Jelang Pilkada 2020, Menkominfo Jaga Ruang Digital Ibarat Bendungan dan Sawah

Zihan Fajrin - Minggu, 30 Agustus 2020 | 18:30
Menkominfo Johnny G. Plate saat memberikan sambutan di acara Exhibition, Evaluation, & Presidential Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.

Menkominfo Johnny G. Plate saat memberikan sambutan di acara Exhibition, Evaluation, & Presidential Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.

Laporan Wartawan NexTren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Indonesia akan segera dihadirkan beberapa bulan lagi.

Jelang pelaksanaanya, Menteri Komunikasi dan Informatika menandatangani Nota Kesepahaman Aksi (NKA) bersama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum tentang Pengawasan Konten Internet.

Menkominfo, Johnny G. Plate berkomitmen untuk menjaga ruang digital yang sehat dan bersih.

Menurut Johnny, transformasi digital yang terakseleratif sebagai dampak pandemi Covid-19, juga memberikan dampak dalam aspek politik.

Baca Juga: Parah! Ada 110 Ribu Rekening Penipuan Online, Bisa Cek Sendiri di Situs Kominfo Ini

Pilkada 2020 kali ini akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 untuk menentukan pemimpin di daerah, gubernur, bupati dan walikota di 270 provinsi, kabupaten dan kota.

Johnny menegaskan, kecerdasan dan kemampuan bangsa menentukan kualitas demokrasi.

Menurutnya, akan lebih tampak jika memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara cerdas, termasuk aspek hilir telekomunikasi dan informatika yaitu ruang digital atau konten internet.

First line of prevention atau garis pertama untuk menjaga ruang digital yang sehat dan bersih dikatakan berada pada penyelenggara pemilu dan penegakan hukum.

Baca Juga: Menkominfo Tanggapi ICW Soal Anggaran 90 Miliar Buat Influencer

"Kami tentu berharap kolaborasi dan kerja sama ini untuk memastikan first line of prevention atau menjaga di tingkat pertama itu harus sukses, sehingga the last line of prevention yang manjadi tugas akhir menjaga ruang digital di Kominfo menjadi lebih ringan," ujar Johnny mengutip Antara.

Source : Antara

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest