Follow Us

Inilah Smartwatch Pertama di Dunia Dari Seiko, Sudah Ada Sejak 1988

Zihan Fajrin - Kamis, 11 Juni 2020 | 18:30
Seiko Ruputer
Engadget

Seiko Ruputer

Nextren.com - Smartwatch merupakan perangkat AIoT yang selama pandemi ini mengalami penurunan yang tidak begitu signifikasi daripada smartphone.

Perangkat tersebut berguna untuk membuat pengguna terhubung dengan smartphone dan bisa juga sebagai alat untuk kebugaran.

Meski di tahun 2020 ini sudah beberapa brand yang menghadirkan inovasi produk smartwatch mereka, tetap saja terdapat pendahulunya.

Seiko Ruputer diklaim menjadi perangkat smartwatch pertama yang hadir pada tahun 1988.

Baca Juga: Pasar Smartwatch dan Smartband Melonjak 30 Persen Hingga 72,6 Juta Unit

Masalah ukuran, usia baterai, dan utilitas yang dimiliki mesin tersebut di 22 tahun yang lalu adalah masalah yang sama dengan yang ada saat ini.

Ruputer juga disebut sebagai OnHand PC merupakan jam tangan konsumen pertama yang dapat menjalankan aplikasi dan terhubung ke PC, melalui stasiun dok.

Bila pada smartwatch saat ini bisa digunakan dengan touch screen, dulu Ruputer memiliki joystick delapan arah di bawah layar.

Dengan alat bantuan tersebut, pengguna dapat menulis memo, membuat janji temu kalender dan memperbarui daftar tugas yang harus dilakukan.

Baca Juga: Fitbit Akan Hadirkan Smartwatch Untuk Anak Dengan Jaringan 4G

Pengguna juga bisa mencatat pengeluaran, bermain game dan menggunakan kalkulator hanya dari pergelangan tangan Anda.

Sebagian besar smartwatch saat ini memiliki masa pakai baterai yang diukur dalam jam atau hari, terutama perangkat unggulan.

Source : Engadget

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest