Nextren.com - Seperti biasa, aktifitas digital masyarakat melonjak menjelang dan saat lebaran. Namun tahun ini, suasananya sangat berbeda.
Ada jutaan orang yang tidak mudik, dan memilih menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga dekat.
Kalaupun harus bersilaturahmi dengan keluarga jauh dan sahabat, maka dilakukan lewat internet menggunakan beragam aplikasi, seperti Zoom, Skype, WhatsApp, dan lainnya.
Karena itu wajar jika kenaikan trafik internet operator saat lebaran tahun ini terlihat berbeda.
Baca Juga: Huawei Pilih DailyMotion Untuk Gantikan YouTube di Perangkatnya
Seperti dialami oleh oeprator seluler XL Axiata yang mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan di masa seputar perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.
Dalam periode 18-26 Mei 2020, Customer Experience & Service Operation Center XL Axiata mencatat kenaikan trafik pada layanan data sebesar 25% dibandingkan hari-hari normal sebelum masa pandemi Covid-19.
Sementara itu, layanan legacy SMS dan percakapan mengalami penurunan sebesar 20% dan 10% dibandingkan hari normal sebelum masa pandemi Covid-19.
Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Pola konsumsi layanan telekomunikasi dan data selama Lebaran tahun ini tidak terlepas dari situasi dan kondisi terkait keberadaan pandemi Covid -19 yang memaksa masyarakat Indonesia untuk lebih banyak berada di rumah saja."
Baca Juga: Cari Uang Jadi Lebih Mudah, Instagram Akan Buat Pendapatan dari IGTV
Apalagi, mudik juga dilarang, sehingga juga berpengaruh pada kebiasaan masyarakat dalam mengisi masa liburnya.
Misalnya saja kebiasaan mengunggah foto atau video pengalaman berlibur menjadi tidak memungkinkan lagi karena lokasi wisata juga rata-rata tutup.