Follow Us

Kampanye Perubahan Perilaku, Pemerintah Sediakan Layanan Informasi Covid-19 di nomor 321

Wahyu Subyanto - Selasa, 19 Mei 2020 | 18:37
Warga berbelanja pakaian yang dijual pedagang kaki lima di Tanah Abang, Senin (18/5/2020).
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Warga berbelanja pakaian yang dijual pedagang kaki lima di Tanah Abang, Senin (18/5/2020).

Nextren.com - Perubahan perilaku merupakan hal yang sangat penting untuk menekan penyebaran Covid-19.

Karena itu pemerintah menyediakan layanan Interactive Voice Response (IVR) 321 sebagai salah satu media edukasi pencegahan Covid-19.

Layanan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, USAID, dan PT XL Axiata Tbk dan diluncurkan hari ini, Selasa (19/5).

Launching Kampanye Berubah Usir Wabah, Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dan layanan 321 interactive Voice Response tersebut dilakukan secara virtual di Jakarta.

Baca Juga: Situs Streaming Film Ilegal Alami Lonjakan Pengguna Selama Pandemi

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto mengatakan wabah Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, tetapi juga aspek kemanusiaan, sosial, dan ekonomi secara lebih luas.

“Semakin meluasnya dampak wabah ini, perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan, agar masyarakat mampu mengambil langkah tepat dan cepat untuk melindungi diri dari Covid-19,” katanya di Jakarta, Selasa (19/5).

Namun, kenyataannya, berubah bukanlah suatu hal yang mudah.

Mengubah Perilaku untuk mengusir wabah Covid-19 memerlukan suatu langkah pendekatan komunikasi khusus, yang mengarah pada perubahan perilaku kunci untuk menurunkan kasus Covid-19.

Baca Juga: LIPI Perangi Covid-19 Lewat Riset Teknologi: Ada Alat Tes PCR, Obat Herbal, Sterilisasi Ozon Hingga Big Data

Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Covid-19 telah disusun bersama Tim John Hopkins Center for Communication Program sebagai counterpart dari USAID. Dokumen ini menjadi acuan bagi berbagai pihak terkait dalam memberikan edukasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat yang mengarah pada pencegahan Covid-19.

Selain itu, layanan 321 juga menjadi salah satu pilihan saluran komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum untuk memperoleh informasi tentang Covid-19.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest