Follow Us

Inilah Pentingnya Kode OTP Agar Terhindar Dari Tindak Kejahatan Siber

Fahmi Bagas - Selasa, 19 Mei 2020 | 18:30
OTP

OTP

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - One Time Password atau yang lebih dikenal dengan OTP merupakan salah satu bentuk pengamanan yang bisa dilakukan oleh pemilik akun aplikasi.

Kode OTP ini adalah sebuah rangkaian angka khusus yang diberikan oleh pihak layanan untuk bisa mengakses kedalam halaman aplikasi.

Seperti namanya, OTP hanya bisa digunakan dalam waktu satu kali proses masuk ke aplikasi.

Jadi hal ini sangatlah berbahaya jika kamu memberikannya kepada orang lain.

Baca Juga: Cara Mengamankan Akun Email Dari Pesan Spam dan Phising di Gmail

Pada webinar yang diselenggarakan Nextren bersama InfoKomputer yang didukung oleh Lazada, Sabtu (16/5), sempat dijelaskan seberapa penting keberadaan OTP bagi pengguna.

Ferry Kusnowo, selaku Chief Costumer Experience Lazada, mengatakan kalau kode OTP itu bisa diartikan juga sebagai kunci rumah.

"Jadi kita harus menjaga 'kunci' tersebut dengan baik dan jangan sampai diberikan kepada orang yang tidak bisa dipercaya," tuturnya.

Untuk aplikasi Lazada, Ferry mengaku bahwa layanannya tersebut sudah menerapkan sistem kode OTP untuk penggunanya.

Jadi, pengguna aplikasi diimbau untuk bisa lebih mengenali lagi tindakan pencurian melalui kode OTP dan memahami tindakan social engeneering.

Ia beralasan bahwa saat ini meskipun sistem kode OTP telah dijalankan, kerap kali masyarakat masih tertipu dengan adanya tindakan penipuan dengan metode social-engeneering.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest