Follow Us

Inilah Cared+, Aplikasi Deteksi Dini Covid-19 Asli Buatan Indonesia

Zihan Fajrin - Senin, 11 Mei 2020 | 12:47
Aplikasi Cared+ untuk tes Covid-19

Aplikasi Cared+ untuk tes Covid-19

Nextren.com - Saat ini ada beberapa aplikasi yang bisa mendeteksi adanya pasien Covid-19 baru atau tidaknya dengan berada di rumah saja.

Aplikasi tersebut seperti AloDokter, Halodoc, dan GrabHealth.

Unit usaha Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Gamatechno pun turut membuat aplikasi yang bisa membantu masyarakat mendeteksi adanya gejala virus.

aplikasi Cared+ ditujukan untuk dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan deteksi dini gejala Covid-19 pada dirinya sekaligus melaporkan kondisinya kepada suatu klaster masyarakat di mana dirinya tergabung.

Baca Juga: CloudVoice Indosat Tawarkan Solusi Komunikasi untuk Efisiensi Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Klaster masyarakat ini dapat berupa RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, atau perumahan, keluarga dan juga perkantoran.

Ada 2 manfaat utama dari fungsi tersebut, pertama masyarakat dapat mengurangi ketergantungan melakukan tes Covid-19 di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) untuk mengidentifikasi kondisi dirinya, dan hal ini dapat dilakukan secara berkala.

Manfaat yang kedua ialah adanya fungsi kontrol sosial dalam suatu lingkup kelompok masyarakat karena ada data kondisi individu secara berkala.

Sebagai contoh, dalam satu RT atau RW akan dapat diketahui kondisi masing-masing individu sehingga dapat dilakukan pemantauan atau pemberian dukungan secara kolektif apabila ada warga yang memiliki indikasi gejala Covid-19.

Baca Juga: Inilah Tren Belanja di Shopee Saat Ramadan, Baju Muslim Hingga Hape

Hal tersebut merupakan tujuan Gamatechno untuk memastikan adanya disiplin diri dalam socialdistancing.

Serta antisipasi penanganan yang lebih cepat terhadap kemungkinan kasus Covid-19 dalam masyarakat yang mana ini adalah salah satu kunci penting dalam pencegahan penularan virus.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest