Follow Us

Google Catat Ada 258 juta Upaya Penipuan Digital, Begini Cara Cegahnya

Fahmi Bagas - Kamis, 23 April 2020 | 12:06
Perusahaan induk Google, Alphabet mengawali 2020 dengan manis
theverge.com

Perusahaan induk Google, Alphabet mengawali 2020 dengan manis

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Akibat dari kebijakan work from home untuk menekan angka penyebaran COVID-19, ada sejumlah kasus penipuan digital yang sedang marak terjadi.

Penipuan ini berbentuk scam yang merupakan berita atau informasi menipu terkait coronavirus.

Menurut laporan Google, pihak perusahaan telah mendeteksi sejumlah jenis scam terbaru antara lain adalah email phising ataupun situs yang dipenuhi oleh malware.

Kedua jenis penipuan tersebut memiliki kedok yang hampir sama yaitu mengatasnamakan lembaga amal untuk menghimpun dana COVID-19 atau bahkan berupa pemberitahuan palsu dari penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Layanan Akses Video Call Langsung Lewat Gmail Bakal Dibuat Google

Ada pula jenis tindakan phising yang dilakukan dengan cara memanipulasi korban dengan berpura-pura menjadi rekan kerja yang meminta data pribadi.

Seperti yang kita tahu bahwa adanya work from home ini membuat akses komunikasi dekan rekan kerja juga semakin jauh.

Terkait jumlahnya, Google mengatakan bahwa ada sekitar 18 juta malware dan upaya phising, serta ada 240 juta pesan spam di seluruh dunia setiap harinya.

Dengan masalah tersebut, perusahaan multinasional tersebut telah membangun sebuah sistem keamanan baru yang disematkan pada produk-prodduk Google.

"Kami baru-baru ini meluncurkan sesuatu yang disebut pemeriksaan kata sandi yang terlihat dan kredensial," ungkap Senior Director for Account Security, Identity, and Abuse Google, Mark Risher.

Sistem keamanan teranyar dari Google juga disebutkan bisa mengidentifikasi dan menghentikan ancaman lebih dini.

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest