Follow Us

Begini Cara Dapat Listrik Gratis Lewat Situs Resmi PLN dan WhatsApp

Fahmi Bagas - Jumat, 03 April 2020 | 14:00
ilustrasi PLN
dokumen PLN/Kompas.com

ilustrasi PLN

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Wabah Covid-19 hingga saat ini telah membuat Pemerintah Indonesia melakukan perpanjangan kebijakan work from home bagi warganya.

Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian terkait dengan melawan pandemi ini juga sudah dilakukan.

Kemenkominfo dan Kemenkes adalah lembaga pemerintahaan yang sudah memberikan layanan-layanan khusus dimasa pandemi ini.

Saat ini masyarakat Indonesia sudah tidak perlu khawatir terkait adanya disinformasi yang tersedia di internet karena kedua lini pemerintahan tersebut telah membuat situs resmi dan fitur chatbot melalui WhatsApp untuk memberikan informasi akurat terkait penyebaran virus Corona di Indonesia.

Perusahaan Listrik Nasional (PLN) juga saat ini telah melakukan upaya bagi masyarakat agar mendapatkan keringanan beban karena adanya kasus pandemi ini.

Diketahui bahwa PLN memberikan token secara cuma-cuma atau gratis kepada para pelanggannya.

Melalui unggahan akun Instagram @pln_id, dijelaskan bahwa masyarakat bisa mendapatkan listrik gratis dengan dua cara yaitu melalui website dan WhatsApp.

Pihak PLN juga mengatakan dalam captionnya kalau penyediaan listrik gratis ini akan berlaku untuk pelanggan prabayar 450VA.

Untuk nominalnya, PLN memberikan senilai penggunaan daya tertinggi selama tiga bulan terakhir, terhitung dari bulan Desember 2019.

Selain itu, untuk pengguna daya 900VA, pengguna bisa mendapatkan subsidi biaya sebesar 50% yang dihitung dari tiga bulan terakhir.

Sebelumnya adanya kebijakan baru dari PLN, Presiden Jokowi sempat mengatakan kalau pemerintah akan menggratiskan biaya pemakaian listrik sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat bawah, untuk menangani dampak virus corona.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest