Follow Us

Kebutuhan Kerja dan Belajar dari Rumah Melonjak, XL Axiata Prediksi Trafik Data Meningkat 15 Persen

Wahyu Subyanto - Senin, 16 Maret 2020 | 21:36
Ilustrasi seseorang yang menggunakan laptop dan keyboard

Ilustrasi seseorang yang menggunakan laptop dan keyboard

Nextren.com - Wabah virus corona di Indonesia makin meluas dan korban masih terus bertambah.

Maka kebutuhan untuk bekerja dan belajar dari rumah sangatlah tinggi, demi menean penyebaran virus corona yang berbahaya ini.

Operator XL Axiata juga mengantisipasi potensi kenaikan trafik semua layanan terkait meningkatnya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah yang dilakukan masyarakat, sebagai upaya menghindari penyebaran virus Corona.

Mereka menyiapkan jaringan memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari.

Jika memang terjadi peningkatan trafik yang signifikan, XL Axiata juga siap meningkatkan kapasitas jaringan.

Baca Juga: Flu Spanyol, Wabah Penyakit Flu Paling Mematikan di Dunia yang Tewaskan 50 juta orang

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Peningkatan trafik memang mulai terlihat seiring dengan terus meningkatnya pembicaraan mengenai wabah virus Corona di Indonesia dalam beberapa hari terakhir, yang kemudian mulai berkembang wacara untuk bekerja dari rumah dan juga diliburkannya sekolah di berbagai provinsi."

"Akses ke sejumlah layanan data memang sudah meningkat, terutama browsing informasi melalui Google, selain juga trafik penggunaan Whatsapp, serta media sosial seperti Facebook dan Twitter yang menguat dibandingkan hari-hari biasa.”

Menurut Gede Darmayusa, semakin banyaknya kantor yang meminta karyawan bekerja dari rumah, sekolah yang menyelenggarakan belajar dari rumah, juga perkuliahan secara daring akan meningkatkan akses ke jaringan internet.

Baca Juga: Telkomsel Gratiskan 30GB untuk Akses Seluruh Materi Sekolah Online Ruangguru Kelas 1 SD hingga 12 SMA

Untuk itu, pihaknya terus memantau informasi dari masyarakat dan sistem monitoring jaringan Customer Experience and Service Operation Center yang ada di kantor pusat XL Axiata.

Tujuannya untuk mengetahui di area mana saja terjadi kenaikan trafik.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest