Follow Us

Ternyata Ini Alasan Google Tegas Menghapus Software Benchmark AnTuTu dari Play Store

None - Selasa, 10 Maret 2020 | 17:00
Hasil pengujian AnTuTu pada Vivo Nex 3
gsmarena.com

Hasil pengujian AnTuTu pada Vivo Nex 3

Nextren.com - Banyak aplikasi benchmark smartphone yang terpajang di Google Play, dengan berbagai metode pengujian masing-masing.

Namun suka tidak suka, aplikasi benchmark Antutu memang yang paling populerdan dikenal luas sebagai alat penguji kinerja smartphone.

Padahal ada pilihan aplikasi lain yang bisa menguji kinerja smartphone secara lebih detil.

Beberapa hari lalu, sejumlah aplikasi AnTuTu, seperti AnTutu 3DBench, AnTuTu Benchmark, dan AiTuTu Benchmark, hilang dari toko aplikasi Android, Google Play Store.

Kala itu, belum diketahui apa sebenarnya yang menyebabkan aneka aplikasi pengujian smartphone tersebut dihapus oleh Google.

Namun, kini pihak AnTuTu memberikan keterangannya.

Baca Juga: Huawei Berikan 100 Persen Pendapatan untuk Developer App Gallery, Gara-gara Tak Boleh Pakai Google Play

Berdasarkan keterangan resmi dari AnTuTu yang dilansir AndroidPolice, pihaknya mengatakan bahwa penghapusan itu dilatarbelakangi oleh adanya keterkaitan antara AnTuTu dengan pengembang aplikasi yang dianggap nakal oleh Google, yakni Cheetah Mobile (CM).

CM sendiri diketahui kerap melakukan pelanggaran atas kebijakan Google, seperti mengubah aplikasi browser default dari Chrome ke browser buatan mereka sendiri.

Sebagai tindakan tegas, perusahan asal Mountain View, California, AS, itu mencabut semua aplikasi buatan Cheetah Mobile, dari toko aplikasi Play Store pada Februari lalu.

Kembali ke aplikasi AnTuTu, pihaknya membantah alasan yang diberikan Google, dan menyatakan bahwa AnTuTu sama sekali tidak ada hubungannya dengan CM, setidaknya dari segi akun pengembang Google Play Store.

Baca Juga: Inilah Teknologi dan Hasil Foto Ultra Night Selfie Mode di OPPO Reno3

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest