Follow Us

Dinilai Mengancam Keamanan, TikTok Dilarang di Lingkungan Tentara AS

Fahmi Bagas - Senin, 23 Desember 2019 | 19:00
TikTok sukses kuasai media sosial dunia pada September 2019
theverge.com

TikTok sukses kuasai media sosial dunia pada September 2019

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Setelah kesuksesan yang diraih TikTok sebagai aplikasi hiburan berjenis video di tahun 2019, aplikasi ini mendapat pencekalan dari pasukan militer Amerika Serikat.

Militer Laut Amerika atau dikenal juga US Navy, menyatakan bahwa aplikasi ini dilarang untuk digunakan oleh seluruh prajurit militer Amerika Serikat.

Mengutip dari CNet.com, US Navy melakukan pemblokiran terhadap aplikasi buatan Tiongkok ini dikarenakan bahaya kejahatan siber yang dapat mengintai keamanan prajurit.

US Navy melarang seluruh anggotanya untuk menggunan TikTok.

Baca Juga: Kini Kreator TikTok Punya Rekomendasi Daerah Liburan Untuk Kamu

Larangan ini bukan hanya himbauan semata, menurut data yang dikutip dari Reuters, jika masih ada prajuritnya yang menggunakan aplikasi ini, US Navy mengatakan akan memblokirnya dari Navy Marine Corps Intranet (NMCI).

Dave Benham, Director of Public Affairs for US Fleet Cyber Command/US 10th Fleet, menghimbau agar seluruh prajuritnya tidak mengunduh aplikasi TikTok yang sudah disediakan oleh pemerintah Amerika Serikat, baik di iPhone dan iPads.

Dave menambahkan, alasan dari pengambilan keputusan ini memiliki dasar dari keamanan data pribadi angkatan melalui jaringan siber yang dapat mengancam dan demi untuk menjaga jaringan angkatan laut Amerika Serikat.

Baca Juga: Perusahaan Induk TikTok Akhirnya Bikin Aplikasi Musik untuk Saingi Spotify

Larangan terhadap aplikasi ini tentunya mendapat tanggapan dari pihak TikTok.

Pasalnya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sedang digandrungi oleh remaja di seluruh dunia tak terkecuali Amerika Serikat.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest