Follow Us

Samsung Disalip Oppo dan Vivo di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya

None - Senin, 18 November 2019 | 19:15
Galaxy A menjadi produk favorit dan mendongkrak performa Samsung
t3.com

Galaxy A menjadi produk favorit dan mendongkrak performa Samsung

Samsung selama ini rutin menjadi pabrikan smartphone nomor satu di Indonesia.

Namun, dalam laporan terbaru dari IDC, posisi vendor asal Korea Selatan itu telah digeser oleh pesaingnya.

Laporan lembaga riset pasar tersebut untuk kuartal-III 2019 menunjukkan bahwa Samsung turun ke posisi ketiga, disalip oleh Oppo dan Vivo sekaligus.

Menurut Risky Febrian, Marketing Analyst IDC, peluncuran Galaxy As beberapa bulan terakhir dinilai terlalu cepat.

Baca Juga: Dari 49 e-commerce Aktif di Indonesia, 409 Juta Kunjungan Sebulan Disedot 5 Marketplace Ini

Galaxy As merupakan "penyempurna" Galaxy A yang dirilis pada semester pertama 2019 lalu.

"Sejak awal tahun seri Galaxy A populer di pasaran. Pada semester pertama 2019 sudah banyak pengapalan," jelas Risky saat dihubungi KompasTekno, Jumat (15/11/2019).

Ia menambahkan, stok Galaxy A masih tersedia saat lebaran dan mempengaruhi ketersediaan Galaxy As yang baru.

Sebab, banyak peritel yang fokus membersihkan stok lama.

Baca Juga: Sah! Aturan Blokir IMEI Hape Black Market Akhirnya Resmi Disahkan Hari Ini Oleh 3 Menteri

"Mungkin, Samsung masih menahan pengapalan di kuartal III kemarin," katanya.

Sebenarnya, secara spesifikasi, Galaxy As menawarkan peningkatan dibanding pendahulunya.

Namun menurut Risky, peningkatan spesifikasi yang diusung kurang signifikan untuk mendongkrak pengapalan.

Selain masalah siklus pembaruan produk, Samsung juga terhimpit pabrikan ponsel China.

Baca Juga: Hape Produksi Tiongkok Kuasai 65 Persen Pasar Smartphone Indonesia

Pangsa pasar smartphone Indonesia pada kuartal III 2019 berdasarkan lembaga riset IDC
IDC

Pangsa pasar smartphone Indonesia pada kuartal III 2019 berdasarkan lembaga riset IDC

Pada kuartal III-2019, banyak vendor China yang bebarengan merilis smartphone, terutama di segmen mid-range dengan rentang harga 200-400 dollar AS (Rp 2,8-5,6 juta).

IDC mencatat, segmen ini mengalami pertumbuhan 11,1 persen karena model yang ditawarkan dinilai memenuhi kebutuhan konsumen, seperti gaming dan konsumsi media hiburan.

"Selain model yang banyak, ada permintaan konsumen di segmen mid-range yang tinggi juga," kata Risky.

Vendor China menguasai 75 persen pasar smartphone di Indonesia pada kuartal III 2019, menurut laporan IDC.

Baca Juga: Penjualan Tablet Semakin Lesu dari Tahun ke Tahun, Benarkah Mulai Ditinggalkan?

Empat dari lima pabrikan ponsel terbesar juga diisi merek smartphone China.

Secara berurutan dari posisi teratas, Oppo meraih 26,2 persen, Vivo menguasai 22,8 persen, dan Samsung 19,4 persen.

Dua lainnya masih diduduki vendor asal China yakni Realme sebesar 12,6 persen dan Xiaomi sebesar 12,5 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan di Balik Tumbangnya Samsung oleh Oppo dan Vivo di Indonesia"Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest