Nextren.com - Transaksi online kini makin marak dan disukai oleh masyarakat Indonesia.
Apalagi nyaris semua kebutuhan masyarakat, termasuk komoditi harian, bisa dipenuhi dari belanja online.
Dari semua tempat belanja online yang ada. mana yang paling banyak dikunjungi?
Bank Indonesia (BI) mulai mendata transaksi keuangan di lima marketplace online.
Meski hanya lima, aktivitas mereka sudah mencerminkan transaksi perdagangan online atau e-commerce di Indonesia.
Baca Juga: Menteri Perdagangan Ajak Ibu-ibu Belanja Produk Lokal di e-Commerce
Kelima market place tersebut adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli.
Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi, saat berkunjung ke kantor KONTAN, Rabu (16/10) lalu menjelaskan, pencatatan data di lima e-commerce tersebut sudah mewakili perkembangan industri perdagangan online.
Pasalnya, kelima market place itu merupakan penguasa pasar e-commerce di tanah air.
iPrice Group mencatat ada 49 e-commerce yang aktif menjalankan transaksi jual-beli di Indonesia.
iPrice Group adalah situs meta-search yang beroperasi di Indonesia dan empat negara lain di Asia Tenggara serta Hong Kong.