Operator seluler Telkomsel mencatatkan kinerja positif pada kuartal ketiga (Q3) 2019 ini.
Anak usaha dari Telkom itu berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 68,3 triliun.
Berdasarkan keterangan resmi Jumat (1/11/2019), salah satu faktor yang membuat Telkomsel meraih pendapatan tersebut adalah adanya peningkatan pelanggan data.
Menurut Harry M. Zen, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, jumlah pelanggan Telkomsel pada kuartal III-2019 tercatat ada sebanyak 170,9 juta.
Baca Juga: Pendapatan Operator Seluler di Indonesia Sukses Tumbuh 5-6 Persen
Sementara pada periode yang sama di tahun 2018 lalu, Telkomsel memiliki jumlah pelanggan sebanyak 167,8 juta.
"Dari peningkatan tersebut, sebanyak 112,1 juta pelanggan atau sekitar 65,6 persennya merupakan pelanggan data."
"Alhasil dengan meningkatnya jumlah pelanggan, trafik data Telkomsel pun turut terdongkrak sebesar 55,2 persen menjadi 4.673 petabyte selama Q3 2019," kata Harry.
Tidak hanya itu, Harry menuturkan untuk terus mempertahankan posisi dalam penyediaan jaringan hingga di luar Jawa dan mendukung pengembangan bisnis digital, Telkomsel juga telah menambah sebanyak 20.829 BTS yang seluruhnya berbasis 4G selama tahun 2019.
Baca Juga: Selama 9 Bulan Ini, Pendapatan XL Axiata Tumbuh 11 Persen dengan 70 Persen Pengguna 4G
Dengan demikian, jumlah BTS Telkomsel hingga saat ini telah mencapai 209.910 unit atau tumbuh 14,5 persen dari kuartal III/2018, dimana 76 persen di antaranya adalah BTS 3G/4G.
Telkom sendiri melalui anak usaha Mitratel beberapa waktu lalu juga telah mengakuisisi sebanyak 2.100 menara BTS milik Indosat Ooredoo.