Nextren.com - Seberapa jauh dunia digital mengubah perilaku masyarakat Indonesia?
Ternyata perlahan tapi pasti, pola konsumsi masyarakat Indonesia memang telah berubah.
Berdasar data dari DBS Group Research, pola konsumsi masyarakat kini sudah bergeser seiring dengan kemudahan digital.
Kemudahan bertransaksi bagi konsumen menjadi peluang tersendiri bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan para pelaku bisnis ritel untuk meningkatkan penjualan.
Baca Juga: Menteri Perdagangan Ajak Ibu-ibu Belanja Produk Lokal di e-Commerce
Di bidang ritel, konsumsi masyarakat meningkat berkat penjualan online.
Peluang digital tersebut dimanfaatkan oleh pelaku industri dan UMKM untuk meningkatkan penjualan.
Kemudahan bertransaksi dan berbelanja secara online menjadi daya tarik utama bagi masyarakat untuk berbelanja, terutama banyaknya penawaran menarik berupa potongan harga.
Lebih lanjut lagi, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS), menjadi kesempatan bagi perusahaan ritel untuk mendorong penjualan melalui platform online.
Baca Juga: Troli, Startup Belanja Online Warung Sebelah Milik Liliyana Natsir Sang Juara Dunia Bulutangkis
Pengeluaran rumah tangga di bidang transportasi dan komunikasi masyarakat meningkat dari 5.04% di tahun 2017 menjadi 6.14% (tahun 2018).