Follow Us

Jaringan Telekomunikasi dan Data XL Axiata di Pelosok NTT Akhirnya Hadir Lewat Skema USO

Wahyu Subyanto - Senin, 28 Oktober 2019 | 17:47
Petugas BTS XL
Ella

Petugas BTS XL

Nextren.com - Selama ini, operator memang lebih banyak membangun jaringan di perkotaan atau kabupaten dengan penduduk yang cukup padat.

Sementara untuk daerah-daerah terpencil, operator terus melanjutkan pembangunan jaringan telekomunikasi dan data melalui skema USO (Universal Service Obligation), seperti dilakukan XL Axiata tahun 2019 ini.

Sebagai informasi, dana USO disumbang oleh pelaku bisnis telekomunikasi sebesar 1,25 persen dari pendapatan usaha. Dana ini disetor kepada pemerintah di setiap kuartal, dan dikelola Kominfo untuk melayani daerah terpencil.

Pembangunan jaringan yang berfokus di area-area terpencil ini sebagai dukungan kepada pemerintah untuk pemerataan dan penyediaan layanan telekomunikasi di daerah yang selama ini belum terjangkau layanan telekomunikasi dan data.

Apalagi hal ini juga selaras dengan rencana XL untuk terus mengembangkan infrastruktur jaringan ke wilayah di luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Mengejutkan, Satelit Samsung Space Selfie Jatuh di Pekarangan Rumah

Pembangunan jaringan USO oleh XL Axiata tahun ini mencakup 289 titik di berbagai provinsi yang sebagian besar masuk Kawasan Timur Indonesia (KTI), termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Guna menandai pembangunan jaringan USO di NTT dan KTI lainnya, manajemen XL Axiata dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan salah satu BTS USO di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, NTT, pada hari ini Senin (28/10).

Desa Aewora berada di Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Desa nelayan terpencil ini lokasinya sekitar 75 kilometer dari Maumere, dengan jalanan sempit berliku dan tak sepenuhnya dalam kondisi baik.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Aba Maulaka, Direktur Layanan Telekomunikasi & Informasi untuk Badan Usaha Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) KOMINFO, Dhia Anugrah Febriansa, Kepala Balai Monitoring Propinsi Nusa Tenggara Timur, Moh. Syarif Helmi, SE, SH, MM, Kepala Bidang TIK Polda Nusa Tenggara Timur, Kombes Pol. Wahyu Prihatmaka, SH.

Sementara itu mewakili XL Axiata, hadir Direktur Teknologi, Yessie D. Yosetya dan Group Head East Region, Bambang Parikesit.

Baca Juga: Aplikasi InstaSaver Untuk Instagram, Bisa Download Insta Story Plus Fungsi Lainnya

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest