Follow Us

Mimpi Bikin Silicon Valley Ala Indonesia di BSD City, Sinar Mas Gandeng Microsoft

Wahyu Subyanto - Jumat, 13 September 2019 | 13:52
Rancangan Digital Hub di BSD City
Digitalhub

Rancangan Digital Hub di BSD City

Microsoft dan Sinar Mas bekerjasama untuk mentransformasi BSD City menjadi integrated smart city berskala besar dan inovatif pertama di Indonesia yang terbuka dan dapat diakses semua masyarakat. Dilatarbelakangi teknologi digital seperti cloud, artificial intelligence, internet of things (IoT) dan pengambilan keputusan berbasis data, Sinar Mas Land ingin membuat kota masa depan dengan perumahan cerdas, tempat kerja terhubung dan kawasan usaha Digital Hub, untuk melengkapi pelayananan masyarakat dan infrastruktur publik.

Untuk itu, Sinar Mas Land mengundang Microsoft bekerja sama sebagai mitra. Dalam kerja sama ini, Microsoft akan membuka kesempatan bagi para mitra untuk mengembangkan solusi berdasarkan bidang keahlian mereka.

Baca Juga: Ujicoba Teknologi 5G Tri dan ITS Hadirkan Kuliah Jakarta-Surabaya Lewat Hologram

Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land menyatakan, "Terinspirasi untuk menjadi pelopor dalam properti dan pengembangan, Sinar Mas Land sangat antusias untuk melakukan transformasi digital di BSD City yang merupakan proyek township terbesar kami." “Kami menyadari akan pentingnya ekonomi digital dan memiliki kerangka kerja digitalisasi di Indonesia untuk bersaing secara internasional dan kami senang untuk terus membantu Sinar Mas Land dalam menciptakan proyek smart city terbesar di Indonesia," kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee. Microsoft dan Sinar Mas Group memiliki sebelumnya bermitra dalam transformasi digital perusahaan dan lini perusahaan Sinar Mas Group.

Baca Juga: Saat Jadi Menristek, Habibie Pilihkan GSM untuk Pengembangan Telkomsel

Lewat MoU ini, Microsoft berupaya menghadirkan keahlian global untuk membuat smart dan sustainable city di seluruh dunia termasuk Kiruna, Denver, Taipei dan Cascais hingga Indonesia.

Selain smart city, pengalaman Microsoft dalam pekerjaan dan keselamatan publik meliputi New Zealand, Netherlands, United Arab Emirates dan Afrika Selatan. Sebelumnya, Sinar Mas Land mengklaim telah memulai transformasi kota mandiri terbesarnya, BSD City menjadi smart city pertama yang terintegrasi.

Sinar Mas Land juga mengembangkan Digital Hub di area BSD City.

Digital Hub merupakan area seluas 26 hektar untuk perusahaan rintisan, komunitas, lembaga pendidikan dan perusahaan multinasional yang fokus pada industri digital dan teknologi.

Baca Juga: Perang Layanan Streaming Baru di Bulan November: Disney+ vs Apple TV+

Seiring dengan perkembangannya, Digital Hub ini diklaim telah menjadi rumah bagi pusat pengembangan inovasi bagi beberapa perusahan global. Memasuki era digital, Indonesia telah menyadari pentingnya kerangka ekonomi digital untuk bersaing secara global.

Merancang peta jalan Revolusi Industri 4.0, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah lama menyoroti pentingnya kemajuan teknologi yang dimplementasikan pada industri untuk melayani masyarakat.

Perihal konsep smart city, Presiden Joko Widodo telah mendorong penggunaan teknologi untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih efektif, transparan, dan andal.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest