Follow Us

Sinyal XL Menurun Akibat Mati Lampu Serentak? Ini Konfirmasinya

Arif Budiansyah - Minggu, 04 Agustus 2019 | 19:00
kantor pusat XL Axiata
XL Axiata

kantor pusat XL Axiata

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com - Pada hari ini, (4/8/2019), sejumlah wilayah di Jabodetabek dan Jawa Barat mengalami pemadaman listrik serentak oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) karena adanya suatu masalah.

Hal tersebut membuat koneksi di beberapa provider terganggu, termasuk XL Axiata.

Pihak XL telah memberikan konfirmasinya kepada tim NexTren.com, bahwa dampak dari pemadaman listrik berimbas pada menurunnya kualitas jaringan di wilayah yang mengalami mati lampu.

"Saat ini tim teknis kami di lapangan terus berusaha mengatasinya dengan menghidupkan cadangan daya yang sudah disiapkan, semoga kondisi ini segera pulih sehingga kualitas layanan XL Axiata bisa normal kembali," tutur pesan singkat Whatsapp dari XL kepada NexTren.

Baca Juga: PLN Pakai Drone untuk Pantau Kabel Transmisi, Cek Kabel Kendor Hingga Pohon yang Menganggu

Tri Wahyuninsih, General Manager Corporate Communications PT XL Axiata Tbk, memberikan keterangan tentang dampak pemadaman listrik terhadap XL :

  • Sekitar 20% jaringan XL Axiata di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa tenah mengalami penurunan kualitas seperti berkurangnya kecepatan internet, kestabilan akses internet, dan akses voice.
  • Area Jawa Timur hanya sekitar 1% jaringan XL Axiata yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas akses internet dan voice.
  • Tim XL Axiata telah membuat langkah antisipasi berupa menyediakan baterai cadangan dan genset dalam jumlah yang memadai, serta rekayasa berupa pengaturan trafik jaringan
  • Hingga saat ini pemulihan kondisi jaringan terus dilakukan tanpa menunggu pulihnya pasokan listrik.
Masalah pemadaman listrik bisa terjadi, karena Gas Turbin 1 sampai 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam keadaan mati (off).

Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Sedangkan di Jawa Barat sendiri, pemadaman terjadi karena gangguan pada transmisi sutet 500 kV.

Berikut beberapa wilayah di Jawa Barat yang mengalami mati lampu adalah Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Ciebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest