Follow Us

Trafik Data di Kalimantan Naik 43 Persen, XL Axiata Perluas BTS 4G LTE dan Fiber Optic

Wahyu Subyanto - Jumat, 19 Juli 2019 | 19:07
Teknisi XL Axiata memeriksa BTS di pulau Bintan, Kepulauan Riau
Ella

Teknisi XL Axiata memeriksa BTS di pulau Bintan, Kepulauan Riau

Nextren.com - Saat ini operator seluler terus berupaya memperluas jangkauan jaringan 4G untuk melayani kebutuhan internet masyarakat yang makin tinggi.

Tak hanya di pula Jawa, hal itu juga dilakukan oleh operator XL Axiata yang membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan.

Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata yang terus meningkat.

Hal ini terlihat dengan terus meningkatnya trafik data dari tahun ke tahun, seperti dalam setahun terakhir meningkat sekitar 43%.

Baca Juga: Suka Mengubah Wajah Jadi Tua di FaceApp? Waspada Bahayanya

Tahun ini, rencana perluasan jaringan antara lain akan mencakup wilayah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

Selain itu, sebagai bagian dari rencana tersebut, akan dibangun juga jaringan 4G melalui program Universal Service Obligation (USO) yang difokuskan di area-area pedalaman yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan Region, Bambang Parikesit mengatakan bahwa selain aspek bisnis, mereka ingin mendukung percepatan pembangunan.

"Kami ingin ikut berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayahnya. Tersedianya sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di Kalimantan,” ujar Bambang.

Baca Juga: Laptop Core i7 Dell G7 15 (7590) vs Asus ROG Zephyrus M GU502, Bagus Mana?

Bambang Parikesit juga menambahkan, tahun 2019 ini akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di Kalimantan.

Dengan adanya perluasan ini, maka jaringan data XL Axiata telah menjangkau sekitar 54 kota/kabupaten atau lebih dari 96% populasi Kepulauan Kalimantan, yang didukung oleh lebih dari 7.000 BTS, termasuk lebih dari 5.400 BTS data (3G/4G).

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest