Follow Us

Ini Bahaya Memberi Anak Kecil Hape, Mirip Dengan Narkoba

None - Selasa, 16 Juli 2019 | 19:54
Ilustrasi seorang bocah main ponsel.
New York Post

Ilustrasi seorang bocah main ponsel.

Nextren.com - Saat ini smartphone sudah makin marak dipakai oleh remaja, bahkan ada anak-anak TK dan SD yang sudah diberikan hape oleh orang tuanya.

Banyak alasan di baliknya, namun umumnya orang tua ingin anaknya tenang dan tidak rewel sehingga orang tua bisa bersantai atau mengerjakan hal lain.

Sementara sang anak diam dan asyik menikmati smartphone atau tabletnya, baik bermain game atau nonton YouTube.

Melihat anak-anak dengan gawai di tangannya adalah pemandangan biasa di era digital ini.

Baca Juga: Video Cara Mudah Atasi Kecanduan Hape Dengan Fitur dari Aplikasi Ini

Namun, seorang terapis kecanduan dari Inggris mengatakan, memberikan ponsel ke anak sama seperti "memberinya segram kokain".

Waktu yang dihabiskan seseorang untuk mengirim pesan di aplikasi percakapan atau membalas komentar di media sosial bisa menyebabkan kecanduan pada anak remaja, seperti halnya narkoba dan alkohol.

Mandy Saligari, spesialis kecanduan dari klinik rehabilitasi Harley Street London, mengatakan bahwa kecanduan gadget seharusnya juga diatasi seperti halnya kecanduan narkoba.

"Saya selalu mengatakan, saat Anda memberikan tablet atau ponsel ke anak, itu seperti memberikan mereka sebotol wine atau segram kokain. Apakah kita siap membiarkan mereka dengan benda itu di balik pintu?" katanya.

Baca Juga: Cara Sederhana Agar Terhindar Dari Kecanduan Media Sosial

Ia menjelaskan, penggunaan gawai yang berlebihan memiliki dampak yang sama pada otak seperti halnya obat-obatan terlarang.

"Saat membicarakan perilaku kecanduan, biasanya orang langsung melihat pada zat berbahaya."

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest