Follow Us

Gawat! Hacker Dari Rusia Bisa Ubah Hasil Suara Pemilu di Florida

Arif Budiansyah - Senin, 29 April 2019 | 18:15
Cyber crime
softsolutionlab.com

Cyber crime

Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah

NexTren.com - Seringkali kita jumpai pemberitaan dari seorang hacker yang melakukan peretasan baik itu untuk meraup keuntungan pribadi atau dengan niat lainnya.

Dilansir dari Ubergizmo, baru-baru ini disinyalir bahwa ada oknum peretas yang dapat masuk ke sistem pemilu di negara bagian Amerika Serikat yaitu, Florida.

Marco Rubio, Senator Florida, mengungkapkan dalam sebuah wawancara kalau ada kejahatan cyber yang dilakukan hacker asal Rusia untuk mengubah catatan hasil suara pemilu.

Rubio menambahkan, bukan hanya para peretas dapat mengakses sistem, mereka bahkan memiliki kemampuan untuk mengubah data daftar pemilih.

Baca Juga : Aplikasi KPU Pemilu 2019 Kalahkan Whatsapp di Play Store, Jadi Aplikasi Gratis Terbaik

Menurut The New York Times, para hacker mengawali peretasan dengan meniru email dari sebuah perusahaan yang menjual peralatan pemilihan elektronik di Florida.

Beberapa pemilih sebenarnya sudah melihat kejanggalan karena mereka menerima email dengan kosa kata bahasa inggris "british" dari akun Gmail-nya.

Namun, beberapa pemilih lain yang tidak terlalu mementingkannya terlanjur mengklik email tersebut, lalu para hacker pun berhasil masuk kedalam sistem.

Menurut Senator Rubio, para hacker dapat memperoleh akses ke suatu sistem dengan mudah dan lalu mereka pun mengacak-ngacak data pemilih.

Baca Juga : Beri Peringatan, Hacker Tembus Microsoft Outlook Berbulan-Bulan

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest