Follow Us

REVIEW Canon PowerShot SX70 HS, Kamera Zoom 65x yang Ringan dan Ringkas

Wahyu Subyanto - Sabtu, 30 Maret 2019 | 18:35
PowerShot SX70 HS
Datascrip

PowerShot SX70 HS

Nextren.com - Saat ini teknologi kamera smartphone terus berkembang dan makin baik hasilnya.Arah peningkatan kualitas kamera smartphone adalah penambahan jumlah kamera, dan saat ini sudah ada smartphone 4 kamera di pasaran, yaitu Huawei P30 Pro.Karena itu, wajar jika produk kamera digital murni menurun, terutama jenis kamera saku dan prosumer.Namun, satu hal yang sulit diikuti oleh perkembangan kamera smartphone adalah masalah zoom optikal.Di sinilah kamera digital saku dan prosumer mengambil celah, salah satunya Canon lewat tipe terbarunya, PowerShot SX70 HS.

Baca Juga : Yuk Nonton Streaming Final Piala Presiden E-Sport 2019 di Youtube !Canon PowerShot SX70 HS ini adalah kamera saku superzoom yang menawarkan zoom optik 65x besar dengan rentang fokus setara 35mm 21-1365mm.Selain lensa zoom optical 65x, fitur ZoomPlus Canon bisa memperbesar lagi menjadi 130x dengan kualitas gambar sedikit berkurang.Itu pun masih bisa ditambah zoom digital 2x konvensional yang akan memberikan total maksimum 260x zoom, tentu saja kualitas gambar sangat menurun.Ini membuat kamu bisa berburu obyek apa saja, seperti burung di pohon tinggi, orang di apartemen seberang jalan.

Baca Juga : Cara Memutar Video Musik di Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain

Bahkan kamu bisa memakainya sebagai teropong untuk melihat obyek yang sangat jauh, dengan lebih jelas.Sensor CMOS beresolusi 20.1MP dipasangkan dengan prosesor DIGIC 8 high-end terbaru dari Canon. Spek ini membuat SX70 HS mampu memotret hingga 10ps dan pengambilan video 4K dengan suara stereo.Selain itu, banyak fitur lainnya, dengan jendela bidik dengan sensor mata, layar LCD yang bisa diputar (flip-out), Zoom Framing Assist yang pintar.

Baca Juga : Bocoran Desain Hape Terbaru Oppo, Bakal Bawa Layar di Belakang?

Zoom maksimal Canon SX70 HS
way

Zoom maksimal Canon SX70 HS

Menyesuaikan dengan tren wireless, kamera ini juga dibekali Wi-Fi dan Bluetooth bawaan untuk berbagi gambar ke perangkat lain dan kontrol kamera jarak jauh, ditambah banyak efek kreatif.Canon PowerShot SX70 HS saat ini resmi dibandrol seharga Rp 7.128.000 oleh PT Datascrip sebagai distributor tunggalnya.Mudah dipakaiCanon PowerShot SX70 HS ini adalah penerus dari SX60 HS, dan telah mendapatkan sejumlah perbaikan, seperti sensor kamera baru, prosesor baru, pengambilan gambar terus menerus yang lebih cepat, perekaman video 4K, EVF resolusi lebih tinggi, dan konektivitas Bluetooth. Menjadi salah satu kamera dengan optical zoom terbesar di pasar, yaitu 65x, sebenarnya ukuran kamera ini cukup ringkas.

Baca Juga : LG K12+ Resmi Diluncurkan Di Brazil, Yuk Intip Spesifikasinya

Ukurannya 127mm (lebar) x 90,9mm (tinggi) x 116.6mm (tebal), dan berat 610 gram. Bodinya yang cukup ringan ini terasa kokoh, berbahan plastik kasar tak meninggalkan jejak tangan dan enak digenggam.Bagi yang sudah pernah memakaia kamera Canon tipe lainnya, mestinya tak bakal kesulitan mengoperasikan kamera ini tanpa perlu melihat buk umanualnya.Peletakan tombolnya tampak simpel dan mudah ditebak fungsinya.Tombol untuk mengaktifkan fungsi Zoom Zooming Assist ada di kanan atas dan mudah dijangkau dengan jari kanan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Android Gratis Untuk Bikin CV Agar Terlihat Profesional

Canon SX70 - tampilan menu saat memotret
way

Canon SX70 - tampilan menu saat memotret

Namun, zoom optical 65x ditambah zoom digital, membuat obyek bidikan mudah tergeser. Saat diperbesar hingga maksimal, hanya dengan sedikit goyang saja maka obyek jauh langsung menghilang dari tampilan layar atau jendela bidikan (viewfinder).Dalam kondisi zoom maksimal, untuk menemukan kembali obyek jauh yang sedang dibidik itu bisa membuat frustasi.Cara termudah mengatasinya adalah dengan menggunakan tripod agar kamera menjadi stabil.Kalau tidak ada, sandarkan kamera pada sesuatu yang stabil, seperti meja atau kursi.

Baca Juga : Dianggap Tak Aman, Produk 5G Huawei Akan Dilarang di Inggris?

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest