Nextren.com - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, investasi sering disalahpahami sebagai sesuatu yang membutuhkan modal besar.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, hingga bulan Mei 2018 terdapat 190,5 juta penduduk berusia 15 tahun ke atas di Indonesia.
Dari jumlah tersebut, hanya 17,8 persen atau sekitar 33,9 juta penduduk yang setidaknya memiliki satu rekening bank.
Selain itu, berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sampai dengan bulan Juli 2018 jumlah investor Reksa Dana di Indonesia baru mencapai sekitar 820.000 orang.
Baca Juga : Kaskus Investasi di KontrakHukum, Kaskuser Dapat Nikmati Layanan Hukum
Tingkat inklusi keuangan yang masih rendah ini akhirnya membuat masyarakat kehilangan banyak peluang, terutama dalam mempersiapkan masa depan.
Akan tetapi, hal tersebut akan segera berubah.
“Tidak banyak yang mengetahui bahwa mereka sebenarnya dapat mulai berinvestasi dari jumlah uang yang kecil, tanpa harus mengubah gaya hidup mereka,” ujar Melinda N. Wiria, Chief Executive Officer Raiz Invest Indonesia.
“Sebagai contoh, uang receh yang didapatkan dari kembalian belanja mereka se ap hari."
Baca Juga : Investasi Rp 7.6 Triliun ke JD.Com, Cara Google Kuasai Pasar Tiongkok?
"Biasanya, banyak yang hanya menyimpan uang receh tersebut di dalam stoples atau celengan, dan seiring berjalannya waktu, tanpa terasa uang yang terkumpul ternyata cukup signifikan jumlahnya."
Berinvestasi dengan uang receh, dengan kata lain, sebenarnya memungkinkan mereka untuk mewujudkan mimpi mereka.
Melalui aplikasi Raiz, pengguna dapat mengumpulkan uang receh dan menginvestasikannya secara otomatis di pasar modal. Diluncurkan dengan nama Acorns di Australia pada Februari 2016, aplikasi ini kemudian berganti nama menjadi Raiz Invest pada April 2018.
Baca Juga : Crowdo – Aplikasi Untuk Investasi ke UKM Cukup Dari Smartphone
Hingga Januari 2019, aplikasi Raiz di Australia telah diunduh sebanyak lebih dari satu juta kali dan memiliki lebih dari 175.000 pengguna aktif.
Cara kerja aplikasi Raiz Invest adalah dengan mengumpulkan uang receh pengguna yang diperoleh dari selisih pembelanjaan. Saat mereka mendaftarkan diri di Raiz, pengguna dapat menghubungkan kartu debit dan/atau e-wallet mereka.
Setiap kali pengguna berbelanja dengan kartu debit atau dompet elektronik tersebut, Raiz akan melakukan pembulatan ke atas terhadap setiap transaksi ke kelipatan Rp 5.000 terdekat.
Ketika pembulatan yang terkumpul mencapai Rp 10.000, maka jumlah tersebut akan diinvestasikan secara otomatis ke Reksa Dana.
Baca Juga : Komputer Biasa vs Komputer Gaming, Mana Investasi yang Terbaik?
Selain investasi otomatis dari pembulatan transaksi, pengguna juga dapat berinvestasi secara rutin menggunakan fitur cicilan investasi ( recurring investment ) atau secara seketika, dengan fitur ‘lumpsum’ untuk meningkatkan investasi di akun Raiz mereka.
“Di Australia, Raiz telah menjadi game changer khususnya bagi kaum millennial dalam menciptakan kebiasaan berinvestasi."
"Aplikasi Raiz sangat cocok bagi siapa pun yang belum memahami investasi atau tidak tahu bagaimana caranya untuk mulai berinvestasi.
Aplikasi ini meningkatkan kesadaran serta membuka kesempatan untuk berinvestasi, khususnya di kalangan generasi muda.
Baca Juga : Startup Bengkel Panggilan Montir.id Punya 50 Mekanik Siap Ke Rumah
Selain itu, aplikasi ini juga mendidik masyarakat tentang keuntungan berinvestasi secara teratur dalam jumlah kecil,” ujar George Lucas, CEO of Raiz Invest Australia.
Setelah sukses di Australia, Raiz berekspansi ke Asia Tenggara, dengan Indonesia sebagai negara tujuan ekspansi pertamanya.
Di Indonesia, Raiz Invest memposisikan diri sebagai produk yang memberikan pengalaman langsung bagi masyarakat untuk belajar tentang literasi keuangan dan inklusi keuangan.
Baca Juga : Startup Tukangbersih Punya 50 Cleaning service, Bagikan 70 Persen Bayaran ke Pekerja
Raiz Invest Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah memperoleh izin usaha sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari OJK pada tanggal 10 Desember 2018.
Aplikasi Raiz pertama kali diluncurkan di Australia pada bulan Februari 2016 dan saat ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali.
Sebagai lembaga keuangan portabel untuk kaum milenial, Raiz bertujuan mendidik para penggunanya tentang literasi keuangan serta memfasilitasi inklusi keuangan, yang semuanya terintegrasi dalam satu aplikasi yang mudah digunakan. (*)