Follow Us

Aplikasi Pertanian Indonesia Habibi Garden, Sisihkan 1080 Pesaing di MWC 2019 Spanyol

Wahyu Subyanto - Sabtu, 02 Maret 2019 | 17:05
Perwakilan Indonesia di Global Mobile (GLOMO) Awards 2019 di Barcelona, Spanyol yaitu Habibi Garden menyisihkan 1.080 pesaing
Denny Abidin

Perwakilan Indonesia di Global Mobile (GLOMO) Awards 2019 di Barcelona, Spanyol yaitu Habibi Garden menyisihkan 1.080 pesaing

Nextren.com – Untuk pertama kalinya, Indonesia memiliki perwakilan di Global Mobile (GLOMO) Awards 2019 dalam Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2019 yaitu Habibi Garden, pemenang The NextDev Telkomsel 2016 lalu.

Startup Internet of Things (IoT) di bidang agrikultur ini mendapatkan penghargaan Best 5, menyisihkan 1.080 pesaing yang terdaftar untuk nominasi kategori 'Social Good: Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs’.

Ajang tahunan ini diadakan di Barcelona, Spanyol pada tanggal 26 Februari 2019.

Habibi Garden merupakan startup yang mengkombinasikan model implementasi Sensor Agrikultur Presisi Habibi Garden dan teknologi Narrow Band Internet of Things (NB-IoT) Telkomsel.

Baca Juga : Huawei Mate 20 Pro Jadi Hape Terbaik di MWC Barcelona 2019, Juara Segala Sisi

Dengan hal tersebut, Habibi Garden mampu memberikan data terkini tentang kondisi tanah dan nutrisi dalam tanaman melalui smartphone untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan mengurangi kemungkinan gagal panen.

Habibi Garden telah digunakan oleh lebih dari 1.300 petani di Indonesia, memberikan dampak sosial yang dapat langsung dirasakan melalui penggunaan sekitar 600 sensor yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Habibi Garden pun berhasil meningkatkan nilai panen keseluruhan hingga total 8 miliar Rupiah dalam waktu kurang dari 10 bulan.

Baca Juga : Luncurkan MicroSD 1 TB, Micron Dan SanDisk Unjuk Gigi Di MWC 2019

Teknik koleksi data pertanian, implementasi sistem irigasi otonomis, dan penggunaan dashboard yang diperkuat dengan Artificial Intelligence (AI) dan Machine-Learning dari Habibi Garden mampu membantu petani memahami tanaman secara lebih baik.

Di samping itu, solusi ini juga memungkinkan petani untuk membuat keputusan berdasarkan fakta lapangan, tidak lagi bergantung pada intuisi dan kebiasaan belaka.

GLOMO Awards 2019 melihat bahwa solusi kolaboratif ini ternyata tidak hanya membantu petani secara teknis, namun juga secara sosial.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest