Follow Us

Amerika Boikot Huawei, Pendiri Tegaskan Hal Itu Akan Sia-Sia

David Novan Buana - Selasa, 19 Februari 2019 | 19:00
Ren Zhengfei, pendiri Huawei menyatakan perusahaannya akan tegar menghadapi boikot Amerika.
Bloomberg

Ren Zhengfei, pendiri Huawei menyatakan perusahaannya akan tegar menghadapi boikot Amerika.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Boikot pemerintah Amerika terhadap produk Huawei merupakan perang berkepanjangan yang dimulai sejak 2018 lalu.

Melalui tuduhan spionase melalui perangkat yang dijual Huawei, Amerika bahkan sampai membujuk negara sekutunya untuk ikut serta dalam menolak masuk produk perusahaan raksasa dari China itu.

Akhirnya pendiri Huawei angkat bicara dan menyatakan bahwa perusahaannya akan tegar menghadapi boikot yang dilandasi oleh faktor politik tersebut.

Baca Juga : Inggris Putuskan Tidak Ikut Serta Memboikot Huawei Karena Kurang Bukti

Pernyataan yang menujukkan kekuatan perusahaan teknologi tersebut dilontarkan di tengah wawancara antara pendiri Huawei, Ren Zhengfei dengan BBC.

Menurut Zhengfei, langkah boikot dan juga penangkapan putrinya yang juga CFO dari Huawei, Meng Wanzhou di Kanada, memiliki bau politik yang pekat.

Putri dari pendiri perusahaan teknologi tersebut ditangkap pada Desember lalu dengan tuduhan keterlibatan di dalam konspirasi pencucian uang, melanggar sangsi Amerika terhadap Iran, dan mencuri rahasia perdagangan.

Bahkan pihak peradilan Amerika berusaha untuk mengekstradisi Meng Wanzhou dari Kanada ke Amerika, supaya bisa diadili dengan hukum di sana.

Menanggapi sikap Amerika yang sangat agresif terhadap Huawei, Ren Zhengfei mengatakan keberatannya terhadap apa yang dilakukan negara tersebut.

Sebab serangan secara sepihak terhadap produknya sangat tidak dapat diterima, terutama karena semuanya didasari atas motivasi politik.

Zhengfei juga menambahkan Amerika sangat suka dan begitu ringan untuk melemparkan sangsi kepada pihak lain begitu ada yang tidak disukainya.

Source : BBC, Reuters, Engadget

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest