Follow Us

Kreator Program Cheat GTA Online Didenda 2.1 Milyar Oleh Pengadilan

David Novan Buana - Senin, 11 Februari 2019 | 19:37
Pembuat program cheat untuk GTA Online dinyatakan bersalah dan harus membayar denda milyaran Rupiah.
pcgamer.com

Pembuat program cheat untuk GTA Online dinyatakan bersalah dan harus membayar denda milyaran Rupiah.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Bermain dengan program curang atau cheat tidak terlalu masalah bila bermain sendirian, tetapi tidak demikian bila kamu bermain game online bersama orang lain.

Contohnya adalah kreator program cheat untuk game GTA Online (Grand Theft Auto Online) ini, yang dijerat pengadilan dengan denda hingga lebih dari milyaran Rupiah.

Jeratan hukum semacam ini merupakan salah satu dari langkah yang dilakukan oleh pembuat game untuk membersihkan gamenya dari perbuatan yang merugikan pemain lain.

Baca Juga : Rumah Hacker Game GTA V Digeledah Menyusul Perintah Pengadilan

Pelaku pembuat program cheat tersebut adalah warga Florida, Amerika Serikat, bernama Jhonny Perez.

Perez dituntut ke pengadilan oleh publisher GTA Online, Take-Two, setelah terbukti membuat program cheat untuk GTA Online bernama Elusive.

Program tersebut memberikan kemampuan penggunanya untuk mendapatkan uang tanpa habis dan juga beragam cheat lainnya yang memberikan keunggulan besar dari pemain lain.

Pengadilan menjatuhkan hukuman denda sebesar $150.000 (sekitar 2.1 milyar Rupiah) ditambah biaya pengacara untuk pihak penuntut sebesar $66.869 (sekitar 942 juta Rupiah).

Perez membuat sendiri program cheat Elusive tersebut, dan juga menjualnya melalui online untuk pemain GTA Online yang ingin melakukan kecurangan.

Perbuatannya tersebut termasuk ke dalam pelanggaran hak cipta Take-Two Interactive, karena telah merusak keseimbangan permainan, menganggu penjualan di dalam game, dan juga merusak kenyamanan pemain lain.

Ketika pemain yang tidak menggunakan cheat bertemu dengan pemain yang menggunakan cheat, bisa dipastikan mereka akan langsung kalah sehingga membuat permainan menjadi tidak adil.

Source : Slashdot

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest