Follow Us

Verily Kembangkan Sepatu Pintar Yang Bisa Deteksi Kesehatan Pengguna

David Novan Buana - Minggu, 03 Februari 2019 | 21:40
Verily dikabarkan kembangkan sepatu pintar yang mampu bantu pengguna deteksi kondisi kesehatannya.
iStockphoto

Verily dikabarkan kembangkan sepatu pintar yang mampu bantu pengguna deteksi kondisi kesehatannya.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Smart Watch rasanya sudah menjadi hal yang lazim ditemui saat ini, tetapi bagaimana dengan Smart Shoes atau sepatu pintar?

Inilah proyek yang sedang dikembangkan oleh Verily, yang merupakan bagian dari Alphabet (Induk perusahaan dari Google).

Tidak hanya bisa digunakan untuk berlari dan berjalan, sepatu pintar ini juga diharapkan mampu mendeteksi beragam parameter kesehatan penggunanya.

Baca Juga : IBM Kembangkan Sensor Kuku Yang Bisa Deteksi Masalah Kesehatan.

Menurut laporan dari CNBC, Verily sempat dikabarkan mencari investor dan partner untuk bisa mengembangkan sepatu pintar ini.

Fungsi utamanya tentu saja untuk menjaga dan memonitor kesehatan penggunanya, karena terkadang hentakan yang dihasilkan ketika berlari atau berjalan bisa menimbulkan masalah pada pengguna berusia lanjut.

Itu sebabnya pada sepatu ini disertakan sensor yang mirip fungsinya dengan smart watch buatan Apple, Apple Watch, yang mampu mendeteksi beragam fungsi kesehatan.

Pertama adalah adanya fungsi untuk mendeteksi berat badan penggunanya, sehingga penggunanya dapat dengan mudah mengatur porsi dari jalan atau berlari setiap harinya.

Dari fungsi pendeteksi berat badan itu pula dapat dilihat adanya kejanggalan di tubuh, misalnya kenaikan berat badan yang mendadak menandakan penambahan cairan di dalam tubuh, yang juga menjadi gejala gagal jantung.

Sepatu ini juga dilengkapi dengan pendeteksi gerakan, sehingga jalur yang kamu ambil ketika berolahraga dapat dengan mudah dipeerlihatkan di peta.

Satu fungsi yang berhubungan dengan deteksi gerakan itu adalah adanya pendeteksi ketika penggunanya jatuh.

Source : CNBC

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest