Follow Us

Google Chrome Tingkatkan Usaha Perangi Phishing Dengan Fitur Baru

David Novan Buana - Kamis, 31 Januari 2019 | 19:01
Google Chrome
digitaltrends.com

Google Chrome

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Ancaman phishing terhadap keamanan cyber bukan hanya menyerang perusahaan besar saja, melainkan juga pengguna browser internet individual seperti kamu saat ini.

Serangan hacker dengan mengelabui korbannya untuk masuk ke dalam website aspal (asli tapi palsu) demi mencuri data pribadi merupakan ancaman terbesar belakangan ini.

Guna memerangi phishing, browser internet Google Chrome mengembangkan fitur barunya yang mampu berikan peringatan ketika kamu akan masuk ke dalam website palsu dengan alamat yang mirip dengan aslinya.

Baca Juga : Chromecast Diserang Hacker dan Tampilkan Dukung PewDiePie di Smart TV

Ancaman phishing sendiri tidak boleh diremehkan tingkat bahayanya, karena melaluinya hacker bisa mendapatkan informasi pribadimu.

Dari sana, hacker akan menggunakannya sebagai algoritma pemecah password, karena biasanya pengguna internet menggunakan informasi pribadi semacam itu sebagai dasar password; misalnya tanggal lahir atau nama binatang peliharaan.

Dasar dari serangan phishing sendiri sebenarnya sederhana, karena hacker hanya membuat halaman website yang serupa dengan aslinya supaya kamu terkecoh untuk memasukkan nama akun dan passwordmu di sana.

Satu-satunya cara untuk mengenalinya adalah dengan memerhatikan dengan seksama alamat website, atau URL yang ada di bar alamat di bagian atas browser.

Tragisnya, tidak banyak pengguna internet yang memerhatikan alamat tersebut ketika sedang berselancar menggunakan browser.

Apalagi saat ini hacker dengan pintarnya mendaftarkan alamat website phishingnya supaya mendapatkan sertifikat dan otentikasi internet, sehingga browser tidak memasukkannya ke dalam alamat yang berbahaya.

Fitur baru yang sedang dikembangkan oleh Google Chrome ini berguna untuk memberikan peringatan yang bisa dilihat ketika penggunanya diajak masuk ke dalam website aspal tersebut.

Source : Slashdot

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest