Follow Us

Inilah 5 Tren Digital 2019, AI Dan Cloud Bakal Marak

David Novan Buana - Selasa, 18 Desember 2018 | 21:06
Hendra Lesmana selau CEO Dimension Data perlihatkan pentingnya Indonesia mengejar ketertinggalan di bidang AI, machine learning, dan cloud based security melalui laporan tren teknologi 2019.
David Novan

Hendra Lesmana selau CEO Dimension Data perlihatkan pentingnya Indonesia mengejar ketertinggalan di bidang AI, machine learning, dan cloud based security melalui laporan tren teknologi 2019.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Teknologi bukan hanya membuat smartphone terbarumu bisa selfie dengan lebih indah saja, tetapi juga memengaruhi caramu untuk hidup di era yang serba cepat ini.

Hal tersebut merupakan aspek yang diperlihatkan oleh Dimension Data, perusahaan integrator teknologi dan penyedia layanan terkelola global dengan nilai aset $8 Milyar pada hari ini.

Melalui laporan tren digital 2019 yang dipaparkan perusahaan ini pada acara yang bertempat di bilangan Kebayoran Baru Jakarta, Hendra Lesmana selaku CEO dari Dimension Data Indonesia memperlihatkan betapa besarnya pekerjaan rumah yang perlu dikejar oleh kita semua.

Baca Juga : Aplikasi Online Payment DANA Klaim Karya Anak Bangsa, Bisa Pakai QR Code

Laporan tren yang dikembangkan oleh tim ahli teknologi dari Dimension Data tersebut memperlihatkan adanya lima elemen yang akan menjadi perhatian utama di 2019 nanti.

Melalui lima elemen tersebut, teknologi akan mendefinisikan ladang main bisnis dan teknologi, sesuatu yang perlu diikuti pula oleh pemain pasar di Indonesia.

Pertama adalah proses yang melibatkan AI dan machine learning menjadi pusat dari semua kegiatan bisnis.

Termasuk di dalamnya kemampuan perusahaan untuk mempelajari kebutuhan dan perilaku dari konsumen, membuat keputusan prediktif, dan juga meningkatkan kemampuan untuk menggabungkan skenario untuk membuat rencana per kwartal.

Kedua, keamanan cyber akan semakin condong ke arah keamanan berbasis cloud.

Cloud saat ini sudah mulai terlihat sebagai langkah yang digunakan oleh korporasi besar untuk mengamankan datanya, di tengah ancaman hacker yang semakin pintar.

Ketiga adalah adanya tren menuju infrastruktur yang mudah untuk beradaptasi dengan perubahan bisnis.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest