Review ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR), Laptop Gaming Kelas Premium

Jumat, 26 Juli 2024 | 20:09

ASUS ROG Strix Scar 18 (G834JYR)

nextren.com - Saat ini, pasar laptop kelas premium tidak banyak diisi di Indonesia, namun yang cukup konsisten mengisi kelas ini adalah ROG melalui line up Strix.

Laptop ini dikenal berperforma tinggi sekaligus menjadi flagship dari jajaran laptop ASUS ROG.

Di tahun ini, ASUS memiliki satu laptop yang menjadi jagoannya yaitu ASUS ROG Strix Scar 18 (G834JYR) yang dibanderol dengan harga SRP 79,99 juta rupiah.

Bukan harga yang murah untuk sebuah laptop gaming. Namun konsumen akan mendapatkan sebuah laptop yang tidak hanya kencang namun juga premium secara fitur dan build quality yang sangat baik.

Desain

ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) hadir dengan desain yang sangat kokoh, solid, dan futuristik.

Bodinya yang besar dengan ketebalan mencapai 3.08 cm dan berat 3.1 kg membuatnya terasa seperti sebuah desktop yang portabel.

ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) hadir dengan tebal 3.08 cm

Laptop ini terasa sangat masif di tangan kami, walaupun tinggi kami adalah 169 cm, laptop ini terasa sangat besar dan tentu berat.

Namun, desain yang berat ini adalah harga yang harus dibayar untuk mendapatkan performa terbaik dengan sistem pendinginan yang terbaik.

Desain yang solid ini dipadukan dengan estetika gaming yang kuat, termasuk pencahayaan RGB di berbagai sisi laptop, yang dapat dikustomisasi melalui software ROG Aura Sync.

Baca Juga: ASUS Rilis Mini PC NUC 14 Performance Dengan Kemampuan AI Yang Tinggi

lampu LED di bagian bawah ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Pada bagian panel belakang laptop, terdapat garis melintang dengan logo ROG yang sudah menjadi ciri khas dari laptop-laptop ROG.

Layar dari laptop dapat dibuka dengan satu tangan dengan mudah, tentu berkat mesin atau bagian bawah yang berat serta engsel yang cukup besar.

Pada bagian bawahnya, terdapat karet-karet yang membuat posisi laptop lebih tinggi dan tersedia ruang yang cukup lebar untuk aliran udara ke sistem pendinginan lebih baik.

bagian bawah ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Pada bagian sisi-sisinya, terdapat ventilasi udara yang cukup masif ke arah samping namun lebih besar lagi yang mengarah ke belakang.

Tidak ketinggalan, terdapat beberapa port yang mengarah ke sisi samping laptop seperti port untuk pengisian daya, 1 port RJ-45, 2 USB Type-C yang masing-masing adalah port USB 3.2 Gen 2 dan Thunderbolt 4 ke arah kiri.

Port USB di samping ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Sedangkan di sebelah kanan terdapat 2 port USB-A 3.2 Gen 2.

Secara keseluruhan, desain ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) sangatlah premium terlepas dari tebal dan beratnya.

Material premium yang digunakan memberikan kesan mewah dan tangguh. Desainnya yang besar mungkin cocok bagi pengguna yang menginginkan laptop dengan performa setara desktop namun tetap lebih mudah untuk berpindah tempat.

Baca Juga: ASUS ROG Azoth Extreme Hadir Dengan Layar Sentuh OLED & Adjustable

Layar

Salah satu keunggulan utama ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) adalah layarnya.

Laptop ini dilengkapi dengan layar 18 inci QHD+ yang menggunakan teknologi ROG Nebula HDR dan panel Mini LED.

Layar ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Layar ini menawarkan tingkat kecerahan hingga 1100 nits dan rasio kontras hingga 500.000:1, yang menghasilkan kualitas visual yang sangat tajam dan jernih.

Refresh rate 240Hz dan response time 3ms, ditambah dengan teknologi NVIDIA G-Sync, memastikan pengalaman gaming yang sangat mulus tanpa tearing atau stuttering.

Warna yang ditampilkan juga sangat akurat berkat 100% DCI-P3 color gamut dan sertifikasi PANTONE Validated, membuatnya juga ideal untuk pembuatan konten selain gaming.

Audio, Keyboard, dan Touchpad

Dengan ukuran laptop yang masif, ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) memiliki ruang yang besar untuk memasukkan keyboard full-size dan touchpad yang besar, bahkan masih banyak ruang yang tersisa yang diisi oleh ASUS dengan sejumlah elemen atau akses garis-garis.

Keyboard ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Setiap tombolnya terdapat lampu RGB yang bisa diatur melalui aplikasi Armoury Crate untuk disesuaikan dengan mood dan keinginan pengguna, bahkan bisa sinkron dengan sejumlah periferal ASUS ROG seperti keyboard gaming, mouse, dan headset.

Baca Juga: ASUS Indonesia Pastikan Kehadiran ROG Ally X, Ada Promo Menarik

Keyboard ini terasa sangat solid dengan feedback yang sangat cukup ketika dipakai untuk mengetik.

Lalu di bagian atas terdapat 5 tombol makro yang bisa diatur fungsinya di Armoury Crate, walaupun secara default tombol ini berfungsi sebagai tombol multimedia seperti volume, mic, akses ke Armoury Crate, dan pengaturan mode kipas.

Terakhir, terdapat touchpad yang ukurannya sebenarnya besar, namun dengan bidang yang sangat luas, ukuran touchpad ini jadi terlihat biasa saja.

Pada sektor audio, laptop kelas ultra-premium ini dilengkapi dengan sistem 4 speaker yang berada di bagian bawah dan belakang.

Racikan audio yang digunakan ASUS ini mampu memberikan pengalaman audio yang sangat imersif terutama untuk bermain game.

Kami sangat menyarankan menggunakan speaker bawaan saat bermain game dibandingkan menggunakan headset untuk merasakan keimersifan saat bermain game, apalagi game-game triple A.

Performa & Pendinginan

Ditenagai oleh Intel Core i9-14900HX dan NVIDIA GeForce RTX 4090, performa ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) tidak perlu diragukan lagi.

Prosesor dengan 24 core dan 32 threads ini mampu menangani segala jenis pekerjaan berat, mulai dari gaming, rendering video, hingga eksperimen AI.

GPU RTX 4090 memastikan semua game modern dapat dijalankan dengan setting grafis tertinggi pada resolusi native-nya tanpa kendala.

Hasil racikan CPU dan GPU ini mampu mencetak skor yang cukup tinggi pada benchmark Cinebench R15, & R23.

Baca Juga: ASUS Indonesia Pastikan Kehadiran ROG Ally X, Ada Promo Menarik

Racikan performa ini dipadukan dengan RAM 32 GB DDR5 dan SSD 2TB dengan teknologi PCIe 4.0.

Cinebench R15 ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Cinebench R23 ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Hasil 3D Mark ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Kemampuan SSD yang diberikan juga tergolong kencang dengan kecepatan read di atas 5000 MB/s dan write di 4837 MB/s.

Hasil Crystal Disk Mark 8 ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Sedangkan untuk performa gaming, game bisa berjalan rata-rata di atas 100 FPS pada settingan high dan resolusi QHD.

Misalnya, Valorant bisa berjalan di 398 FPS, Cyberpunk di 202 FPS, dan Shadow of Tomb Raider di 205 FPS.

Benchmark Gaming ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Untuk mengatasi performa gaming yang monster ini, ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) dilengkapi dengan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang mencakup beberapa fitur unggulan.

Sistem ini menggunakan Tri Fan, yaitu tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen penting di dalam laptop, memastikan sustain boost performance yang lebih panjang sehingga laptop dapat berjalan lebih kencang dari kompetitornya.

Baca Juga: Review ASUS Zenfone 11 Ultra, HP Kemampuan Gaming Dengan Baju Formal

Selain itu, laptop ini juga menggunakan liquid metal dari Thermal Grizzly pada thermal compound-nya, yang memiliki konduktivitas jauh lebih baik dibandingkan thermal compound berbahan silikon.

Proses aplikasi liquid metal ini dilakukan oleh mesin khusus yang telah dipatenkan oleh ROG, memastikan tidak ada kebocoran dan performa pendinginan yang optimal.

Kesimpulan

Dengan banderol harga mencapai lebih dari 70 juta rupiah, ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR) menawarkan spesifikasi dan fitur yang premium dari sebuah laptop gaming, top of the class.

Bahkan performanya bisa dibandingkan dengan komputer desktop namun dalam bentuk yang bisa dibawa dengan mudah dan cepat, bahkan menyala tanpa sambungan daya, walau hanya untuk beberapa jam saja sewajarnya laptop gaming.

Memang, laptop ini berat namun inilah harga yang harus dibayar untuk mendapatkan performa yang paling maksimal dengan sistem pendinginan yang tidak kalah canggih.

ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

Hadirnya layar ROG Nebula Display juga menjadi daya tarik tersendiri dari laptop ini karena mampu menghadirkan pengalaman visual seperti panel OLED namun lebih mendukung untuk gaming dengan response time yang cepat.

Laptop ini bisa menjadi rekomendasi bagi para profesional ataupun gamers yang ingin laptop berperforma terbaik ataupun investasi yang sepadan.

Spesifikasi ASUS ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR)

  • Prosesor: Intel® Core™ i9 Processor 14900HX 2.2 GHz (36MB Cache, up to 5.8 GHz, 24 cores, 32 Threads)
  • Sistem Operasi: Windows 11 Home
  • Memori: 32GB DDR5 5600MHz
  • Penyimpanan: 2TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD
  • Layar: 18-inch, QHD+ 16:10 (2560 x 1600), Mini LED, 240Hz, 3ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, IPS -Level, 1.100nits, ROG Nebula HDR, G-Sync, MUX Switch supported
  • Grafis: NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 Laptop GPU
  • Port: 1x 2.5G LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Konektivitas: Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.2
  • Kamera: 720P HD camera
  • Audio: AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology, Support Microsoft Cortana near field/Far field
  • Baterai: 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
  • Dimensi: 39.9 x 29.4 x 2.31 ~ 3.08 cm
  • Berat: 3.1 Kg
  • Warna: Off Black
  • Harga: Rp79.999.000
  • Garansi: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Baca Juga: ASUS Pamer Ekosistem Back To Future, Inovasi Baru Dalam Perakitan PC

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya