Perbedaan OPPO A57 dan OPPO A55: Lebih Murah Tapi Punya Spek dan Teknologi Baru

Sabtu, 23 Juli 2022 | 17:00
bagus

Ilustrasi perbedaan OPPO A57 dan OPPO A55. OPPO A57 (kanan) adalah penerus OPPO A55 (kiri), namun OPPO A57 dibekali fitur dan teknologi terbaru dengan harga lebih terjangkau

nextren.com - OPPO A57 adalah penerus dari OPPO A55, salah satu dari smartphone yang populer di Indonesia, sehingga calon konsumen mesti tahu perbedaan OPPO A57 dan OPPO A55 tersebut.

Terlihat bahwa perbedaan OPPO A57 dan OPPO A55 itu ditunjukkan OPPO A57 yang membawa beberapa hal baru, terutama fitur-fitur signature OPPO seperti charger SuperVOOC dan desain OPPO Glow.

Kami sendiri sudah mencoba keduanya dan akan memberikan sejumlah perbedaan OPPO A57 dan OPPO A55 yang memiliki fokus utama yang berbeda.

Desain Lebih Kekinian

Dari segi desain, OPPO A57 mengadopsi desain OPPO Glow pada bagian panel belakang yang juga sempat dilakukan di OPPO A55.

Namun bedanya, OPPO A55 menerapkan desain OPPO Glow pada varian warna hitam sedangkan OPPO A57 pada kedua varian warnanya yaitu Hijau dan Hitam.

OPPO Glow yang pada awalnya hanya hadir di Reno series, memiliki daya tahan terhadap bekas sidik jari ataupun goresan dalam tingkatan tertentu.

bagus

OPPO A57 dengan desain Retro Modern atau pinggiran rata dan finishing OPPO Glow di belakang

Lalu OPPO A57 juga menggunakan desain bingkai rata atau Retro Modern yang cukup tren di pasaran smartphone belakangan ini.

Baca Juga: OPPO A57 Dirilis Dengan Sejumlah Peningkatan FItur, Harga 2 Jutaan

Sedangkan OPPO A55 masih menggunakan desain melengkung atau 2.5D Curved yang sudah cukup lama kita kenal di industri smartphone.

Sekilas, desain dari OPPO A57 mengingatkan kami dengan OPPO Reno7 yang rilis beberapa bulan lalu, yang membuat perangkat OPPO A57 terlihat lebih premium.

Pengisian Daya Lebih Cepat & Canggih

Salah satu sorotan utama dari OPPO A57 adalah hadirnya teknologi pengisian daya cepat yang menjadi fitur signature dari OPPO yaitu 33W SuperVOOC.

Teknologi ini menjadi upgrade yang cukup besar dibandingkan OPPO A55 yang masih menggunakan fast charging 18W.

bagus

SuperVOOC 33W di OPPO A57

Sehingga baterai 5000mAh dari OPPO A57 dapat diisi sampai penuh dari 10 persen sekitar 1 jam-an saja.

Bahkan menurut klaimnya, pengisian daya OPPOA 57 selama 10 menit saja bisa dipakai untuk streaming youtube selama 2.8 jam.

Teknologi ini relatif aman dengan ekosistem yang saling terhubung, mulai dari smartphone, kabel, dan charger SuperVOOC yang saling berkomunikasi untuk memberikan pengisian daya yang efisien dan aman.

Baca Juga: Kilas Balik Sejarah Perjalanan OPPO A5 series Sebelum OPPO A57

OPPO A57 juga mendukung fitur Charging Heat Technology untuk melindungi dari voltase berlebih, serta optimized battery charging dan super nighttime standby untuk menjaga keawetan baterai selama pengecasan atau ketika tidak dipakai

Dual Speaker Yang Bisa Lebih Kencang

OPPO A57 dilengkapi dengan sistem Utra Linear dual speaker yang dapat memberikan pengalaman audio yang lebih immersif dibandingkan OPPO A55.

Selain cocok untuk menonton film, pengalaman bermain game pun tidak kalah menyenangkan dan kompetitif saat menggunakan sistem dual speaker di OPPO A57.

bagus

Fitur Mode Ultra Volume di OPPO A57

Namun selain menggunakan sistem dua speaker di atas dan di bawah, OPPO A57 juga memiliki fitur Ultra Volume Mode.

Fitus ini dapat meningkatkan output suara hingga 200 persen lebih keras yang akan sangat berguna ketika ingin mendengarkan musik di tempat yang lebih terbuka atau menonton video dengan volume yang terlalu kecil.

Sertifikasi

OPPO A57 menjadi perangkat A5 series pertama yang mendapatkan sertifikasi IPX4 dan IP5X untuk menjamin ketahanannya.

Baca Juga: OPPO Umumkan Jadi Sponsor Resmi Kompetisi UEFA Champions League

Sertifikasi IPX4 ini menjadikan OPPO A57 tahan terhadap cipratan air yang dalam praktiknya bisa dikaitkan dengan cipratan air hujan.

Sedangkan Sertifikasi IP5X yang mendalam perangkat tahan terhadap debu.

Kualitas ini merupakan bagian dari enduring quality, yang berarti telah lolos 6 uji termasuk uji jatuh, uji ketahanan terhadap lingkungan, uji ketangkapan sinyal, dan ketahanan terhadap cipratan air.

Sudah Paling Update Pakai Android 12

Pada waktu diperkenalkan pertama kali, OPPO A55 hadir dengan ColorOS 11.1 yang berbasiskan android 11.

Namun OPPO A57 sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu ColorOS 12.1 yang berbasiskan Android 12 dari dalam kotaknya.

bagus

ColorOS 12.1 dengan basis Android 12 di OPPO A57

Sehingga pengguna tidak perlu melakukan upgrade terlebih dahulu untuk menikmati sejumlah fitur dari Android 12 dan ColorOS 12.1 seperti flexible window, gestur 3 jari untuk translate gambar, fitur dashboard privasi, dan personalisasi tampilan.

Sistem operasi terbaru yang digunakan OPPO A57 akan membuat pengalaman memakai HP yang semakin mudah dan menyenangkan.

OPPO A57 juga dilengkapi fitur RAM expansion hingga 4GB dan ROM Expansion untuk menyimpan data media sosial dan sistem ke MicroSD.

Kedua fitur tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna OPPO A57 di India dan Indonesia.

Harga Lebih Murah

OPPO A55 pada waktu dirilis memiliki harga Rp 2.699.000.

Namun OPPO A57 dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, dibandrol dengna harga Rp 2.399.000.

Spesifikasi OPPO A57

OPPO A57 adalah perangkat kelas 2 jutaan yang dilengkapi dengan sejumlah fitur dan teknologi yang pertama hadir di kelasnya.

Untuk melakukan charging atau pengisian daya, OPPO A57 dilengkapi teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC untuk mengisi baterai berukuran 5000mAh.

Dengan baterai yang besar dan pengisian daya cepat, OPPO A57 bisa menjadi perangkat yang sesuai untuk mengkonsumsi konten, ditambah ultra linear stereo speaker yang dilengkapi fitur ultra volume mode untuk meningkatkan volume suara maksimal hingga 200%.

Baca Juga: Fitur Streaming di Latar Belakang OPPO A96 ColorOS 11 Bisa Bikin Hemat

Lalu pada bagian visual, OPPO A57 menggunakan layar IPS LCD berukuran 6.56 inci yang sudah memiliki color gamut 96% NTSC.

Selain layar, elemen desain yang digunakan OPPO A57 juga tidak kalah menarik dengan bingkai atau sisi samping HP yang rata, serta sentuhan OPPO Glow di panle belakang.

Finishing OPPO Glow membuat panel belakang perangkat terasa mewah dengan bekas sidik jari yang minim sekali dan tahan terhadap goresan dalam tingkatan tertentu.

bagus

Sentuhan OPPO Glow di OPPO A57

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur Air Gesture di OPPO A96 untuk HP Tanpa Sentuh di ColorOS 11

OPPO A57 juga sudah menggunakan sistem antar muka ColorOS 12.1 yang berbasiskan android 12 dengan sejumlah fitur menarik seperti three finger translate dan flexible window.

Hadir dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB, sektor performa OPPO A57 juga diduknug leh fitur RAM dan ROM Expansion untuk memaksimalkan kinerja multitasking dan ruang penyimpanan dari perangkat.

Di Indonesia, OPPO A57 ditawarkan dengan harga Rp 2.399.000 dengan pilihan warna hijau dan hitam.

Chipset Mediatek Helio G35
RAM / Penyimpanan 4GB / 64GB
Kamera Depan 8MP f/2.0
Kamera Belakang 13MP kamera utama f/2,2 + 2MP Depth f/2.4
Layar IPS LCD 6.56 Inch, HD+, 60Hz, 96% NTSC Color Gamut
Baterai 5000mAh, 33 SuperVOOC
OS ColorOS 12.1, Android 12
Fitur Lainnya Side Fingerprint, Face Recognition, IPX4, IP5X, Dual Speaker
Warna Hijau &Hitam
Harga Rp 2.399.000
(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya