Cara Menggunakan Fitur Air Gesture di OPPO A96 untuk HP Tanpa Sentuh di ColorOS 11

Rabu, 13 Juli 2022 | 17:00
bagus

Fitur Air Gesture di OPPO A96 (ColorOS 11.1)

nextren.com - Salah satu fitur yang cukup mengejutkan hadir di OPPO A96 adalah air gesture atau pengendali HP di udara alias HP tanpa sentuh.

Fungsi HP tanpa sentuh di OPPO A96 ini bernama Air gesture, sebuah fitur untuk melakukan kendali navigasi atau perintah di HP tanpa perlu menyentuh layar.

Biasanya fitur air gesture hadir di HP kelas atas, namun fitur HP tanpa sentuh ini juga ada di HP kelas menengah seperti OPPO A96 dengan sistem antar muka ColorOS 11.

Fitur gestur udara di OPPO A96 dapat digunakan untuk mengangkat telefon atau navigasi menu media sosial menggunakan gerakan tangan di udara tanpa kontak dengan layar.

Dalam sejarah HP OPPO, fitur air gesture pernah hadir di Reno series yaitu OPPO Reno4 dan kali ini diturunkan untuk A series di OPPO A96.

Pada awalnya, fitur gestur udara membutuhkan sensor khusus untuk membaca gerakan tangan.

Namun kini fitur air gestur sudah terintegrasi dengan kamera depan yang membuat tampilan HP jadi lebih minimalis dan enak dipandang.

Hal ini juga terwujud berkat kecerdasan buatan yang mampu membaca gestur gerakan tangan pengguna yang dikembangkan secara terus menerus oleh OPPO.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur gestur udara ini ? mudah sekali.

Baca Juga: OPPO A57 Akan Segera Hadir di Indonesia Bawa Desain Stylish dan Keren

Pertama, pengguna perlu untuk mengaktifkan pengaturan air gesture terlebih dahulu di menu pengaturan.

Menu ini bisa diakses melalui pengaturan - alat praktis - gestur & gerakan - gestur gerakan di udara.

bagus

Cara mengakses menu air gesture di OPPO A96

Ada 2 pengaturan gestur udara yang dapat diaktifkan, yaitu untuk kontrol panggilan dan guliran di udara.

Kontrol panggilan dapat diaktifkan untuk mengatur panggilan atau menutup telefon.

Sedangkan guliran di udara dapat diaktifkan untuk navigasi media sosial seperti facebook, instagram, tiktok, dan youtube.

Fitur air gesture ini bisa digunakan untuk menavigasi naik atau turun ketika menonton video format pendek.

isi menu pengaturan air gesture OPPO A96

Hanya ada 2 gerakan tangan yang dapat dilakukan yaitu gerakan memanggil dan mengusir.

Baca Juga: 5 Fitur OPPO Reno7 Dengan ColorOS 12 Ini Bikin HP Makin Gampang Dipakai

Untuk menerima telepon atau navigasi menu ke bawah, pengguna harus memposisikan punggung jari tangan ke arah kamera sampai muncul ikon air gesture dilayar, dan kibaskan jari.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Gerakan Gesture ke bawah

Sedangkan gerakan memanggil dengan mengarahkan telapak jari tangan ke arah layar dan menutup ke arah bawah akan menutup telepon atau navigasi menu media sosial ke atas atau menutup telepon.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Gerakan gesture ke atas

Sebelum melakukan gerakan, pastikan muncul instruksi gerakan di layar terlebih dahulu untuk menandakan kalau fitur sudah aktif.

Harus dicatat, kalau fitur ini berkerja dalam jarak tertentu yaitu 20 sampai 40cm.

Untuk saat ini fitur Smart Air Control mendukung beberapa aplikasi seperti facebook, instagram, youtube, dan tiktok.

Namun tidak menutup kemungkinan kalau fitur ini akan dikembangkan lebih jauh dengan lebih banyak variasi gerakan dan aplikasi yang mendukung.

Air gesture juga memungkinkan pengguna untuk browing instagram, TikTok, atau facebook sambil makan nasi padang, dimana tangan pasti kotor karena dipakai untuk makan tanpa alat makan.

Baca Juga: Cara Screen Record dan Video Kamera Selfie Secara Bersamaan di OPPO A96

Spesifikasi OPPO A96

OPPO A96 diperkenalkan pertama kali sebagai pembaharuan dari OPPO A95 dengan beberapa fitur yang menarik di pasar smartphone kelas menengah.

Misalkan saja layar 6.59 inci yang tergolong besar namun masih menawarkan refresh rate 90Hz yang terasa halus dan memanjakan mata pengguna.

Selain itu hadirnya fitur Bokeh Flare Portrait juga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto dengan efek kedalaman ala pemakaian kamera mirrorless dengan pendaran cahaya yang cantik.

Baterai 5000mAh yang ada di OPPO A96 juga didukung oleh teknologi pengisian daya 33W SuperVOOC yang tidak hanya membuat HP ini tahan lama tapi juga cepat dalam melakukan pengisian daya.

Bagus

OPPO A96 varian warna hitam

Baca Juga: OPPO Perpanjang Promo Beli OPPO A96 Dapat Tiket Thor: Love & Thunder

Soal performa, OPPO A96 menggunakan chipset terbaru yaitu Snapdragon 680 yang didukung RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan 256GB yang bisa ditambah dengan MicroSD hingga 1TB.

Bagi pengguna yang sangat multi-tasking, OPPO A96 juga dilengkapi dengan RAM Extension yang bisa menambah RAM Virtual hingga 5GB.

Ketahanan OPPO A96 ini didukung oleh sertifikasi IPX4 dan IP5X yang membuat perangkat tahan terhadap cipratan air dan debu.

OPPO A96 kini ditawarkan dengan harga Rp 4.099.000.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya