Ternyata Beli OPPO A96 Bisa Lebih Untung Dibanding OPPO A95, Inilah Perbedaan Keduanya Yang Bikin Makin Kepincut

Selasa, 12 April 2022 | 15:12
bagus

OPPO A95 (kiri) & OPPO A96 (Kanan)

nextren.com - OPPO A96 diperkenalkan sebagai pengganti OPPO A95 yang rilis beberapa bulan lalu di tahun 2021 dengan sejumlah fitur yang sebenarnya cukup menarik bagi pasar smartphone kelas menengah di Indonesia.

Namun OPPO A96 yang diperkenalkan beberapa hari lalu ternyata membawa beberapa upgrade penting yang membuat cukup berbeda dari pendahulunya, seperti layar yang lebih besar, memory lebih luas, dan sejumlah teknologi baru.

Hal ini membuat kedua generasi HP dari seri A OPPO memiliki perbedaan yang cukup jauh dan perbedaan harga menjadi cukup worth it bagi yang sedang menimbang-nimbang kedua HP ini sebagai gadget baru di hari lebaran nanti.

OPPO A96 memang diperkenalkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru di Indonesia, sekaligus menghuni posisi tertinggi dari HP seri A OPPO saat ini.

HP ini menawarkan cukup banyak spesifikasi yang menarik seperti layar dan baterai yang besar, kapasitas penyimpanan yang besar, fitur kamera yang lebih menarik, dan pengisian daya superVOOC.

Baca Juga: Review OPPO A96, HP Paling Cocok Buat Teman Ngabuburit dan Bukber di Kelas HP 4 Jutaan

Beberapa fitur yang ditambahkan di OPPO A96 ini sebelumnya hanya ditawarkan di seri HP OPPO yang lebih tinggi yaitu Reno series dan Find series seperti Bokeh Flare Portrait dan pengisian daya superVOOC.

Teknologi-teknologi ini tidak hanya membuat HP semakin kaya fitur, namun juga memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna.

Sehingga dengan perbedaan harga sekitar 300 ribu rupiah, OPPO A96 memang menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan OPPO A95 yang rilis beberapa bulan lalu.

Lalu apa saja perbedaan antara OPPO A95 dan OPPO A96 ?

Chipset Lebih Modern & Ngebut

OPPO A96 menggunakan chipset 4G terbaru yaitu Snapdragon 680 yang sudah menggunakan teknologi fabrikasi 6nm dan triple ISP yang dapat membuat performa kamera lebih cepat.

Sedangkan OPPO A95 masih menggunakan Snapdragon 662 yang masih menggunakan teknologi fabrikasi 11nm.

Salah satu efek dari teknologi fabrikasi yang lebih kecil adalah pada konsumsi daya yang jelas lebih efisien di Snapdragon 680 dibandingkan 662.

Selain itu, Snapdragon 680 juga memiliki clock CPU dan GPU yang lebih tinggi yang memiliki pengaruh pada performa akhir, dimana Snapdragon 680 akan lebih unggul dibandingkan Snapdragon 662.

Baca Juga: Hasil Kamera OPPO A96 Bikin Terkejut Sampai Bisa Foto Model Ala Profesional

Layar Lebih Gede & Smooth

Meskipun terjadi perubahan dari panel AMOLED ke LCD, Layar OPPO A96 memiliki layar yang lebih besar yatu 6.59 inci dan refresh rate 90Hz yang lebih terasa halus ketika dipakai scrolling ataupun bermain game.

bagus

Layar 6.59 inci OPPO A96

Perubahan ini cukup menguntungkan bagi pengguna yang menginginkan kenyamanan maksimal ketika sedang melakukan browsing media sosial seperti instagram atau tiktok.

Untuk bermain game yang mendukung refresh rate tinggi, animasi grafis yang ditampilkan akan semakin halus dan sangat memanjakan mata kamu.

Apalagi layar dari OPPO A96 sudah mendukung 96% NTSC wide color gamut yang lebih kaya warna dan sangat nyaman di mata.

Baca Juga: Unboxing Kesan Pertama OPPO A96, HP Kelas Menengah Memori Gede dan Desain Cakep

Penyimpanan Yang Lebih Lega

Slaah satu upgrade dari OPPO A96 yang cukup penting adalah meningkatnya kapasitas penyimpanan internal dari 129GB menjadi 2 kali lipatnya yaitu 256GB.

Dengan kapasitas sebesar ini, kamu bisa menyimpan lebih banyak games untuk ngabuburit, foto-foto selama bukber dan merekam momen-momen penting selama lebaran nanti.

Kapasitas penyimpanan ini juga didukung oleh fitur baru yaitu ROM Expansion untuk menyimpan data cache media sosial ke micro SD yang bisa ditambahkan hingga kapasitas 1TB.

Sedangkan untuk RAM, OPPO A96 masih memiliki kapasitas RAM 8GB dengan dukungan Expandable RAM hingga 5GB.

Kamera Baru

OPPO A96 memang memiliki jumlah kamera yang lebih sedikit, namun memiliki sensor kamera utama dengan resolusi yang lebih besar yaitu 50MP dari sebelumnya 48MP.

Performa kamera ini didukung juga oleh sebuah kamera bokeh yang dapat menghasilkan gambar dengan efek kedalaman atau bokeh yang sangat bagus.

Namun tidak sampai membuat foto dengan latar yang blue dan estetik, kamera OPPO A96 juga dilengkapi dengan fitur bokeh flare portrait yang sebelumnya hanya hadir di Reno series.

bagus

Hasil foto dengan Efek Kedalaman di OPPO A96

Fitur ini dapat menghasilkan foto dengan efek pendaran cahaya yang cantik seperti foto menggunakan kamera profesional yang mahal dan diafragma besar.

Baca Juga: Menjelang kenaikan PPN 11%, OPPO Berkomitmen Tidak Naikkan Harga HP

Charger Kencang & Dual Speaker

OPPO A96 kini sudah dilengkapi dengan sistem dua speaker yang berada di sisi bawah dan atas.

Sistem dua speaker ini dapat meningkatkan pengalaman yang lebih baik saat mengkonsumsi konten di media sosial ataupun bermain game dibandingkan sistem satu speaker saja.

Sedangkan untuk sektor pengisian daya, OPPO A96 dilengkapi dengan teknologi charger 33W SuperVOOC, yaitu sistem pengisian daya cepat yang dikembangkan oleh OPPO sendiri.

Teknologi ini mengandalkan micro controller unit di adaptor, kabel khusus superVOOC, dan sistem dua cell baterai di perangkat OPPO A96.

Selain kencang, teknologi pengisian daya ini juga relatif lebih aman dari kerusakan ataupun panas.

Harga

Faktor terakhir yang merangkum semua perbedaan antara OPPO A96 dan A95 adalah dari harganya yang cukup berbeda.

OPPO A96 ditawarkan dengan harga Rp 4.299.000 atau sekitar 300 ribu lebih tinggi dibandingkan A95.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, OPPO A96 tampaknya dapat menjadi pilihan yang menarik bagi yang menginginkan smartphone dengan layar yang lebih besar, chipset lebih ngebut, dan kapasitas penyimpanan yang lebih lega.

Namun jika kamu melakukan pre-order dari OPPO A96, akan ada beberapa bonus menarik saat memesan HP ini lebih awal.

Baca Juga: Uji Langsung Fitur Microlens OPPO Reno7 di Tengah Cuaca Hujan Seharian

Pre Order OPPO A96

OPPO A96 bisa dipesan mulai 7 – 15 April 2022 secara luring melalui jaringan OPPO Store atau toko–toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia atau secara daring pada aplikasi OPPO Store yang terdapat di perangkat smartphone OPPO atau OPPO Official Store yang terdapat di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia.

Selama masa pemesanan, konsumen akan mendapatkan keuntungan senilai Rp1.359 juta berupa A96 Sound Box Bluetooth Speaker senilai 599 ribu rupiah secara terbatas dan selama persediaan masih ada.

Bagus

Promo pre order OPPO A96

Potongan harga sebesar 300 ribu rupiah khusus untuk pembelian bundling dengan OPPO Watch Free.

Selain itu masih terdapat potongan harga program pembiayaan sampai dengan 660 ribu rupiah melalui pemesanan luring pada OPPO Store yang terdapat di pusat perbelanjaan ternama di kota – kota besar Indonesia dengan menggunakan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit pada layanan pembiayaan Home Credit, Kredivo, AEON Fast, Payku, dan Indodana. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya