Review OPPO Reno7 5G Yang Punya Desain, Baterai, & Kamera Impresif

Jumat, 18 Maret 2022 | 16:46
bagus

OPPO Reno7 5G varian warna Startrails Blue

Nextren.com - Teorinya, HP dengan layar yang besar akan memberikan pengalaman memakai yang semakin menyenangkan bagi pengguna.

Namun hal ini tidak berlaku di HP dengan layar yang ringkas yaitu OPPO Reno7 5G yang sudah kami gunakan dalam beberapa Minggu belakangan ini.

HP dengan spesifikasi layar 6.4 inch ini terasa mudah dipegang dan sangat handal dalam pemakaian sehari-hari, terutama dari segi baterai dan kamera.

OPPO Reno7 5G adalah HP kelas mid premium yang baru-baru ini diperkenalkan dan menghuni kelas harga yang cukup populer saat ini di 7 jutaan.

Baca Juga: OPPO A16e, Penerus OPPO A16 yang Lebih Ringan dan Kaya Fitur

Seperti biasa OPPO menambahkan sejumlah fitur fotografi yang khas OPPO dengan fokus di mode portrait.

Mode ini memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek bokeh yang rapi seperti dari kamera DSLR.

Namun masih terdapat sektor lain yang juga tidak kalah seperti gaming dan produktivitas berkat spesifikasi dan fitur ColorOS 12 yang sudah terpasang.

Sehingga HP ini sangat cocok bagi para pengguna kasual dengan berbagai macam skenario penggunaan namun tetap handal untuk dibawa kemana-mana.

Lalu bagaimanakah pengalaman kami menggunakan OPPO Reno7 5G ?

Desain

OPPO Reno7 5G adalah HP dengan desain yang paling menarik saat ini kelasnya dengan finishing matte yang anti bekas sidik jari dan tekstur yang premium.

Warna biru bersinar dari finishing OPPO Glow dan teknologi LDI yang digunakan juga menambah kesan premium dari perangkat baik secara visual ataupun ketika dipegang secara langsung.

Soal dimensi yang ringkas dan berat yang ringan juga memberikan kesan HP yang bisa diandalkan bagi pengguna yang dinamis di luar ruangan.

Terlepas dari ukuran yang ringkas, OPPO Reno7 5G masih diberikan triple slot SIM tray untuk menyimpan 2 SIM card dan satu micro SD (hingga 1TB) yang jarang diberikan oleh HP di kelas ini.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mudah Personalisasi Tampilan Layar OPPO Reno7 5G

bagus

(sesuai jarum jam) Bagian Belakang, bagian atas, bawah, samping kanan, samping kiri, dan sim tray triple slot OPPO Reno7 5G

Meskipun memang desain yang kecil nan ringkas ini membuat pengguna harus kompromi bagi yang ingin perangkat berbaterai jumbo ataupun layar yang besar.

Namun kami yakin hal ini bukan masalah bagi beberapa orang yang menginginkan HP berukuran ringkas.

Ditambah HP ini tetap memberikan pengalaman yang baik di sektor ketahanan daya dan visual.

Layar

Ukuran layar 6.4 inch di OPPO Reno 7 5G membuat HP ini memiliki ukurang yang cukup ringkas di kelasnya.

Namun aspek visual di OPPO Reno7 5G tetap memberikan yang baik berkat panel AMOLED dan refresh rate 90Hz.

Karakter AMOLED yang kontras membuat segala visual yang ditampilkan di HP ini tetap menyenangkan baik saat bermain game ataupun mengkonsumsi konten media sosial.

Bagus

Layar OPPO Reno7 5G

Layar 6.4 inch ini tetap bisa diandalkan untuk mengetik cepat di notes, bermain genshin impact, sampai mengedit video di capcut.

Baca Juga: Inilah Cara Mengakses & Berkreasi dengan OMOJI di HP OPPO Reno7 Z 5G

Meskipun untuk konsumsi hiburan, OPPO Reno7 5G ini masih menggunakan sistem satu speaker saja walaupun tetap terasa kencang dan cukup baik dalam volume setengah atau maksimal.

Dalam pemakaian keseluruhan, layar OPPO Reno7 5G tetap handal dalam pemakaian sehari-hari dalam berbagai macam skenario dengan ukuran yang cukup ringkas dan mudah dibawa sehari-hari.

Kamera

Khas dari Reno series, OPPO Reno7 5G juga dilengkapi dengan kamera beserta sejumlah optimasi fitur yang membuat hasilnya cukup menarik untuk dipamerkan di media sosial.

Susunan kamera Reno7 5G juga cukup lengkap dengan kamera utama 64MP, 8MP ultrawide, dan 2MP depth sensor.

bagus

Hasil foto OPPO Reno7 5G dalam kondisi normal

bagus

Hasil foto ultrawide OPPO Reno7 5G

bagus

Hasil foto dalam kondisi kurang cahaya di OPPO Reno7 5G

Baca Juga: Inilah Yang Bikin OPPO Reno7 Z 5G Juga Cocok Buat Para Gamers

Dalam kondisi cahaya yang cukup, kamera OPPO Reno7 5G masih memberikan ciri khas dari Reno series dengan warna yang vibrant dandetail pada objek objek yang natural.

Hadirnya kamera ultrawide juga memberikan perspektif yang lebih luas ketika melakukan pengambilan gambar pemandangan atau langit, dengan optimasi di warna juga.

Foto malam dari kamera OPPO Reno7 5G juga bisa diandalkan dengan hasil noise yang terbilang minimal dan detail yang cukup.

Namun keunggulan dari Reno7 5G ini adalah kamera portrait yang bisa menghasilkan efek foto bokeh, yaitu efek foto blur di latar seperti dari kamera berdiafragma besar.

bagus

Hasil foto bokeh dengan mode portrait di OPPO Reno7 5G

Hasil dari foto portrait Reno7 5G sangat rapi dengan efek bokeh yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Sedangkan untuk penangkapan video, OPPO Reno7 5G bisa melakukan perekaman video hingga 4K di kamera belakang dan 1080p di kamera depan.

Baca Juga: Alasan OPPO Reno7 Z 5G Cocok Buat Orang Kantoran Yang Produktif

Performa

OPPO Reno7 5G menggunakan chipset mediatek Dimensity 900 5G yang dibantu RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan internal 256GB.

Memang bukan chipset terbaru yang paling baru, namun chipset ini menggunakan fabrikasi 6nm yang irit daya dan performa yang cukup dalam skenario pemakaian sehari-hari.

bagus

Hasil benchmar chipset mediatek dimensity 900 5G di OPPO Reno7 5G (kiri ke kanan) 3D Mark, Geekbench, & AnTuTu

Namun bagaimana kalau HP ini dipakai untuk bermain game baik kasual atau berat ?

Performa mediatek dimensity 900 5G sebenarnya sangat cukup untuk bermain game dengan kompromi pada game yang berat.

Untuk game Call of Duty, Reno7 5G bisa menjalan game hingga settingan grafis high dan frame rate very high dengan nyaman dan kompetitif.

Sedangkan untuk yang lebih berat seperti Genshin Impact, game bisa berjalan di pengaturan medium 30 FPS, namun akan lebih terasa nyaman di settingan low saja agar tidak mengalami frame drop yang menganggu.

bagus

Fitur RAM expansion di OPPO Reno7 Z 5G

Untuk mendongkrak performa saat bermain game ataupun multitasking, Reno7 5G dilengkapi dengan fitur RAM expansion atau penambah RAM hingga 5GB.

Baca Juga: Selain Spek, Ini 5 Fitur Unggulan Dari OPPO Reno7 Z 5G Yang Beda

Baterai

Baterai dari OPPO Reno7 5G memiliki ukuran 4500mAh yang tidak tergolong besar sekali namun tidak terlalu kecil.

bagus

Konsumsi baterai OPPO Reno7 5G dengan fitur hemat daya non-aktif

Dalam pemakaian casual ala pekerja kantoran, baterai OPPO Reno7 5G masih bisa mencapai screen-on-time hingga 6 jam 22 menit, yang merupakan hasil impresif dari sebuah smartphone berbobot ringan.

Namun dalam pengujian yang kami lakukan, baterai OPPO Reno7 5G berkurang sebesar 15 % dalam waktu 45 menit dalam bermain game genshin impact.

Sedangkan pada skenario youtube, baterai bisa berkurang 6% selama 60 menit.

Lalu pada skenario mendengarkan musik melalui spotify dan TWS bluetooth, baterai akan berkurang sebesar 5 % selama 60 menit.

Hasil yang cukup irit ini, didukung juga oleh pengisian daya 65W SuperVOOC yang bisa mengisi baterai dari 10% sampai 100% dalam waktu 36 menit.

bagus

Kecepatan pengisian daya OPPO Reno7 5G dengan superVOOC 65W, 10% - 50% = 10 menit, 50% - 80% = 11 menit, total 10% - 100% = 35 menit

Baca Juga: Detail Fitur Dual Orbit Light di OPPO Reno7 Z 5G Yang Super Unik

Sedangkan untuk kelengkapan lainnya, OPPO Reno7 5G sudah dilengkapi dengan NFC dan sistem antar muka terbaru ColorOS 12.

Meskipun pada bagian status sistem masih menggunakan android 11, HP ini tetap memiliki banyak fitur khas ColorOS 12 untuk gaming, produktifitas, sampai efisiensi.

Ada beberapa fitur yang menarik seperti Siluet Portrait di AOD, OMOJI, mengatur sensitivitas layar, dan masih banyak lagi.

Ditambah berbagai macam fitur untuk menghemat baterai, meningkatkan stabilitas saat bermain game, dan optimasi layar agar semakin menarik.

Kesimpulan

OPPO Reno7 5G jadi salah satu HP dengan desain paling menarik di tahun 2021.

Berbeda dengan sejumlah kompetitornya yang menggunakan desain matte yang flat, OPPO memberikan sentuhan yang membuat HP ini stand out dan jadi lebih menarik.

Terlepas dari spesifikasinya, Reno7 5G tetap menawarkan pengalaman memakai yang menyenangkan dan lengkap dengan ukuran yang ringkas bagi pengguna yang dinamis.

Baca Juga: Spesifikasi OPPO Watch Free, Desain Menarik dan Baterai Tahan 14 Hari

bagus

OPPO Reno7 5G

Meskipun HP ini memiliki catatan di speaker yang hanya satu saja dan berpengaruh pada pengalaman mengkonsumsi konten video on demand atau media sosial.

Kehadiran SIM tray triple slot yang bisa menampung SD card hingga 1TB, dukungan 5G Indonesia, kamera portrait canggih, dan ColorOS 12 yang kaya fitur bisa menjadi nilai yang tak tergantikan bagi sebagian besar pengguna dibanding speaker.

Bagi yang tertarik, HP ini dibandrol dengan harga Rp 7.499.000 saat dijual pertama kali di Indonesia.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya