Selain Spek, Ini 5 Fitur Unggulan Dari OPPO Reno7 Z 5G Yang Beda

Selasa, 08 Maret 2022 | 21:00
bagus

OPPO Reno7 Z 5G

nextren.com - Cara termudah untuk menilai kelebihan atau kekurangan suatu HP adalah dari sejumlah angka spesifikasi yang ada di ujung presentasi ataupun website pembanding spesifikasi dan harga.

Namun, ada juga sejumlah fitur penting serta bermanfaat dalam pemakaian smartphone sehari-hari yang tidak bisa dituliskan dalam angka-angka spesifikasi.

Hal inilah yang terjadi setelah kami mencoba HP OPPO Reno7 Z 5G dalam beberapa hari belakangan ini.

HP kelas menengah yang baru dikenalkan OPPO ini memang menawarkan beberapa spesifikasi yang cukup menarik bagi pengguna dengan berbagai macam kebutuhan.

Misalkan saja chipset kencang dan irit daya, pengisian daya yang kencang, sampai layar AMOLED yang memanjakan mata pemakainya.

Baca Juga: Detail Fitur Dual Orbit Light di OPPO Reno7 Z 5G Yang Super Unik

Secara desain, HP OPPO Reno7 Z 5G juga tidak kalah menarik dengan desain frame mengkotak atau retro klasik dan sentuhan berkilau dari panel belakang yang tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Dalam skenario pemakaian yang sesungguhnya, kami menemukan sejumlah fitur yang dapat mendukung hidup pengguna yang sibuk akan pekerjaan, namun tidak lupa juga dengan urusan hobi.

Bagi pengguna yang ingin meningkatkan eksistensinya di sosial media, OPPO Reno7 Z 5G juga menyediakan sejumlah fitur yang mendukung.

Lalu fitur-fitur apa sajakah yang menurut kami adalah unggulan dari OPPO Reno7 Z 5G ?

Kamera Portrait

Satu keunggulan dari OPPO Reno7 Z 5G ini adalah kemampuannya untuk menciptakan foto bokeh dari mode portraitnya, yaitu foto dengan efek latar yang blur.

Mode portrait di HP ini dapat menciptakan efek bokeh yang rapi bahkan sampai ke bagian rambut yang biasanya cukup rumit untuk dikerjakan secara otomatis.

kamera portrait OPPO Reno7 Z 5G

Hal ini didukung oleh canggihnya teknologi computational photography yang dapat mengenali objek dan latar, lalu melakukan "editing" secara otomatis dan langsung dapat dilihat hasilnya bahkan sebelum mengambil foto.

Mode portrait di OPPO Reno7 Z 5G ini tidak sampai hanya membuat latar bokeh, namun juga melakukan beberapa optimisasi agar objek foto bisa memiliki detail yang lebih baik dan warna yang lebih natural.

Baca Juga: Review OPPO Reno7 Z 5G, Desain Paling Menarik dengan Portrait Ala DSLR

OPPO Reno7 Z 5G juga memiliki fitur Bokeh flare portrait yang bisa menimbulkan efek pendaran cahaya di latar dari sumber cahaya seperti lampu atau lilin yang menambah estetika foto.

bagus

Hasil foto portrait OPPO Reno7 Z 5G

Fitur lama seperti Color Portrait juga masih ada untuk membuat latar foto menjadi hitam putih, sedangkan objek tetap berwarna dan tajam.

Game Assistant

Meskipun memiliki highlight yang cukup besar terhadap kamera, OPPO Reno7 Z 5G tidak melupakan pengguna yang suka bermain game melalui smartphone.

Fitur game assistant dari ColorOS 12 juga memiliki pembaharuan di OPPO Reno7 Z 5G dengan beberapa fitur yang pastinya sangat mendukung aktivitas gaming pengguna.

bagus

Menu game assistant ColorOS 12 OPPO Reno7 Z 5G

Dengan gesture swipe ke kanan, pengguna akan mendapatkan sejumlah alat dari game assistant seperti system status untuk memonitor kinerja hardware smartphone dan menampilkan indikator FPS.

Lalu fitur game focus mode juga membantu pengguna menyingkirkan notifikasi yang mengganggu konsentrasi ketika tengah push rank dalam permainan.

Baca Juga: Gak Cuma Portrait, Ini Fitur - Fitur OPPO Reno7 Z 5G Buat Anak Gaming

Fitur-fitur yang biasa ditemukan di HP gaming mahal kelas flagship, kini hadir juga di smartphone kelas menengah seperti OPPO Reno7 Z 5G.

Tidak sampai di fitur yang tampak mata, OPPO juga melakukan optimasi pada sistem agar gaming di HP bisa berjalan dengan stabil seperti AI system booster.

Untuk bisa memulai game dengan lebih cepat, HP ini juga dilengkapi dengan Quick Start up agar bisa langsung kembali masuk ke dalam game.

Dual Orbit Light

Dari segi desain, OPPO Reno7 Z 5G memiliki elemen yang cukup unik dan jarang ditemukan pada suatu smartphone yaitu lampu LED di panel belakang.

Berbeda dari LED flash yang bisa kita temukan pada smartphone, lampu LED di OPPO Reno7 Z 5G mengelilingi tonjolan kamera pada panel belakang yang bisa menyala berwarna biru.

bagus

Dual Orbit Light di OPPO Reno7 Z 5G

Baca Juga: OPPO Resmi Rilis A55, Punya Kamera Besar 50MP di Kelas HP 2 jutaan

Lampu ini akan menyala ketika sedang mengisi daya, notifikasi masuk , telepon masuk, dan ketika sedang membuka suatu game.

Semuanya bisa diatur pada menu pengaturan di bagian personalisasi smartphone.

bagus

Pengaturan fungsi Dual Orbit Light OPPO Reno7 Z 5G

Dalam menu pengaturan ini, pengguna bisa mengatur aplikasi mana yang akan menjadi trigger lampu menyala ataupun mengatur jam lampu ini akan menyala.

Lampu juga tidak menyala secara statis, melainkan secara dinamis atau kedap kedip sehingga konsumsi baterai juga tidak termakan terlalu banyak.

SuperVOOC

Untuk mendukung pengguna yang hidupnya cukup dinamis, OPPO Reno7 Z 5G juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya SuperVOOC 33W.

Teknologi ini memungkinkan baterai 4500mAh di HP ini bisa dicharge hanya dalam waktu 1 jam saja.

bagus

SuperVOOC di OPPO Reno7 Z 5G

SuperVOOC memiliki teknologi yang berbeda dari pengisian daya yang biasa karena memanfaatkan suatu ekosistem yang komplit mulai dari kepala charger, kabel dan susunan baterai 2 cell di dalam HP OPPO Reno7 X 5G.

Sehingga pengisian daya bisa cepat, efisien dan aman tanpa menyebabkan kerusakan yang memperpendek umur baterai dari seharusnya.

Baca Juga: Mencoba Omoji di OPPO Reno6, Fitur Emoji ColorOS 12 Yang Canggih

Omoji

Terakhir adalah fitur personalisasi emoji yang cukup unik buatan OPPO sendiri, Omoji.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat emoji sendiri berdasarkan kreatifitas dan ekspresi wajah setiap pengguna.

Mengandalkan kamera depan dan sistem algoritma face capture, omoji memungkinkan pengguna mengekspresikan gaya unik melalui avatar emoji dengan personalisasi.

bagus

omoji di OPPO Reno7 Z 5G

Ada cukup banyak opsi personalisasi yang bisa dipilih mulai dari bentuk wajah, mata, alis, mulut, sampai sejumlah aksesori yang bisa dikombinasikan sesuai personal pengguna.

Hasilnya bisa digunakan sebagai gambar profil atau diunggah ke media sosial.

Baca Juga: Gak Cuma Portrait, Ini Fitur - Fitur OPPO Reno7 Z 5G Buat Anak Gaming

Pre-orderOPPO Reno7 Z 5G

bagus

Promo pre-order OPPO Reno7 Z5G

Bagi yang berminat, OPPO Reno7 Z 5Gsudah mulai bisa dipesan dengan harga Rp 5.999juta dengan bonus pre-order berupa Speaker eksklusif Reno7 Digisound selama persediaan masih ada.

OPPO juga memberikan paketbundlingkhusus dengan operator Telkomsel berupa paket data hingga 192GB dengan tambahan 10GB ekslusif pada jaringan 5G.(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya