Drama Belanja Online di Official Store, Stok Barang Jarang Update

Minggu, 20 Februari 2022 | 12:30
Tokopedia

Ilustrasi official store di Tokopedia

Nextren.com -Belanja online saat ini telah menjadi aktivitas harian bagi masyarakat Indonesia.

Berbelanja online dinilai lebih mudah, praktis, dan murah dibandingkan dengan berbelanja konvensional atau langsung datang ke toko.

Di platform belanja online,konsumen biasanya memilih untuk berbelanja di official store atau toko online resmi.

Konsumen memilih official store agar mereka mendapat jaminan orisinalitas, keamanan, dan harga yang murah.

Kendati demikian, beberapa konsumen juga tak jarang mengeluhkan performa official store di platform belanja online.

Baca Juga: Tips Persiapan & Belanja Teknologi Menjelang Akhir Tahun Ala Dell

Baru-baru ini, muncul beberapa keluhan pengguna terkait performa official store.

Melansir dari halaman facebook Ecommerce Sh*tposting, pengguna mengeluhkan kinerja official store yang jarang melakukan update stok barang yang akhirnya merugikan konsumen.

Berdasarkan pantauan tim Nextren, keluhan pengguna berfokus pada sikap official store yang dianggap mempunyai "kekuatan" dan "kedudukan" lebih dalam proses transaksi.

Baca Juga: Drama Olshop, Beli Laptop di Toko Resmi Ternyata Harga Tak Sesuai

Beberapa konsumen mengaku bahwa mereka merasa terjebak oleh official store dalam beberapa kasus.

Kasus pertama, official store telah melakukan restok barang dan pihak konsumen membeli produk restok tersebut.

Setelah berhasil melakukan pembelian dan pembyaran, dana konsumen malah dikembalikan dan official store memberi label produk dengan "out of stock" atau stok habis.

Facebook.com/Rick Lee
Facebook.com/Rick Lee

Kasus official store di Tokopedia

Baca Juga: Hasil Riset Indeks Kebahagiaan Berbelanja Online 2021, Ternyata E-Commerce Ini yang Paling Buat Bahagia

Kasus kedua, konsumen mengeluhkan telah mengikuti flash sale dan mendapat barang incaran tapi ketika checkout malah dibatalkan oleh official shop.

Eccomerce Sh*tposting
Eccomerce Sh*tposting

Drama belanja online di Official Store

Kasus ketiga, konsumen mengeluhkan stok official store yang tak update sehingga merugikannya.

Deskripsi produk menyatakan bahwa produk tersedia dan siap untuk dipesan, namun setelah dipesan, official store malah membatalkan karena produk tersebut kosong.

Hal ini menunjukan bahwa official store tidak melakukan update stok dengan teliti.

Baca Juga: Pemeran Video Syur Emperan Toko Terungkap, Diduga Kakek Berumur 120 Tahun!

Bagaimana pendapat sobat Nextren terkait drama belanja online di official store yang dialami oleh beberapa konsumen tersebut? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya!

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto