Fitur - Fitur Kamera OPPO Reno Yang Bikin Foto & Video Jadi Keren

Selasa, 22 Februari 2022 | 11:30
bagus

Lapisan belakang OPPO Reno7 5G yang dilengkapi dengan OPPO Glow

nextren.com - Sejak awal kelahirannya, HP OPPO Reno series selalu hadir dengan fitur- fitur kamera yang inovatif.

Fitur-fitur ini tidak hanya membuat hasil tangkapan kamera menjadi lebih baik tapi juga lebih keren dan beda ketika diupload ke media sosial.

Sejumlah fitur yang pernah dihadirkan OPPO tidak hanya mengandalkan hardware saja, namun juga software yang dikembangkan sendiri oleh OPPO.

Baca Juga: Cara Mudah Mengambil Foto Portrait Bokeh di HP OPPO Reno Tanpa Edit

Ultra Clear 108MP

Meskipun tidak dilengkapi dengan kamera beresolusi 108MP, OPPO menghadirkan fitur yang bisa menghasilkan foto beresolusi tinggi pada perangkat Reno3.

Fitur dengan nama Ultra Clear 108MP ini memanfaatkan kamera yang ada untuk menghasilkan gambar beresolusi besar seperti menggunakan kamera 108MP.

Oppo
Oppo

Hasil 108 Ultra Clear Image Reno 3 jadi iklan di Gedung Veteran RI

Hasil gambar menggunakan fitur ini pun terbukti memiliki ukuran pixel yang cukup besar dan ukuran MB yang sangat besar, sehingga bisa dicetak untuk keperluan komersial seperti poster, baliho, atau spanduk.

Sejak diperkenalkan di OPPO Reno3, fitur ini memanfaatkan kemampuan kameranya untuk mengambil beberapa gambar dengan warna yang disesuaikan lalu dijahit untuk menghasilkan gambar dengan ukuran super besar.

AI color portrait

OPPO tidak berhenti pada menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, namun juga menawarkan sesuatu yang berbeda kepada konsumennya.

Salah satunya adalah fitur AI Color Portrait yang bisa menghasilkan foto latar hitam putih dengan objek manusia yang tetap berwarna.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto Selfie Oppo Reno4 F dengan AI Color Portrait

Baca Juga: 3 Keunggulan OPPO Reno7 Z 5G, Akan Segera Meluncur di Indonesia

Cara memakainya pun cukup mudah karena terjadi secara otomatis.

Biasanya untuk menghasilkan gambar seperti ini diperlukan software editing foto serta skill tertentu untuk menyeleksi objek.

Namun para engineer di pusat pengembangan OPPO telah berhasil membuat software yang mampu melakukan "proses editing" ini secara otomatis.

Hasilnya pun bisa dilihat secara real time ketika ingin mengambil foto dengan efek AI Color Portrait di perangkat Reno Series.

Sejak diperkenalkan di Reno4, fitur AI Color Portrait terus dikembangkan baik penyeleksian objek dan optimisasi warna objek.

AI monochrome Video

Selain efek hitam putih pada foto, OPPO Reno series juga memiliki fitur untuk membuat video hitam putih yang unik yaitu AI Monochrome Video.

Efek video ini memiliki efek hitam putih namun dengan filter warna tertentu seperti merah, hijau, dan biru.

Sehingga hasil video akan mengubah warnanya menjadi hitam putih, kecuali warna filter yang dipilih.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil Video AI Monochrome Video Hijau

Baca Juga: Sejarah HP 5G OPPO di Indonesia Sejak Mid Sampai Flagship

Misalkan saja ketika menggunakan filter merah, maka lampu belakang mobil dalam video yang berwarna merah akan tidak diubah menjadi hitam putih.

Ketika menggunakan filter warna hijau, maka pengguna akan tetap bisa melihat hijaunya rumput dalam video saat yang lainnya menjadi hitam putih.

Efek ini dapat menimbulkan video yang cukup unik khususnya ketika diunggah ke platform sosial media video pendek.

Namun efek video ini juga bisa menjadi salah satu alat untuk membuat video pendek yang artistik juga.

Dual View Camera

Akhir-akhir ini pengguna banyak dihadapkan pada konten berbasis video baik panjang atau pendek.

Salah satu fitur yang cukup menarik di OPPO Reno series adalah Dual view camera yang dapat merekam video menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus.

Bagus

3 Hasil Dual View Camera Oppo Reno5

Baca Juga: Apa Itu OPPO Glow, Lapisan Khusus Yang Bikin HP Tahan Gores & Cantik

Fitur seperti ini sebelumnya hanya hadir di smartphone kelas atas yang cukup mahal.

Bahkan pengguna perlu menggunakan aplikasi khusus dan membayar uang yang tidak sedikit untuk bisa merekam video dengan kamera depan dan belakang sekaligus.

Namun dengan OPPO Reno series, pengguna dapat merasakan fitur perekaman video kamera depan dan belakang sekaligus di smartphone kelas menengah seperti OPPO Reno5.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kegiatan vlogging ataupun membuat konten video pendek di tiktok.

Misalkan saja untuk konten room tour atau unboxing yang sangat mengandalkan kamera belakang untuk menangkap suasana dan kamera depan untuk menangkap ekspresi wajah.

Night Flare Portrait & Bokeh Flare Video

Tanpa perlu menggunakan kamera dengan diafragma yang besar, perangkat OPPO Reno series memiliki kemampuan mengambil foto atau video dengan efek bokeh.

Namun tidak hanya sekedar memiliki latar yang blur, efek bokeh di perangkat Reno6 bisa memberikan efek kilauan dari sumber cahaya yang ada di latar seperti lampu gedung, lampu taman, atau bahkan cahaya matahari yang keluar lewat celah dedaunan.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto Night Flare Portrait Oppo Reno4

Baca Juga: OPPO Pamerkan Canggihnya Teknologi Desain Reno7 5G Untuk Indonesia

Bokeh Flare Video menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

Sedangkan Night Flare Portrait mengandalkan algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh, yang membuat foto terlihat lebih cantik dan menarik dibanding mode portrait standar.

Fitur ini memang paling pas ketika digunakan untuk merekam video atau foto pada malam hari dengan latar lampu perkotaan yang dapat menambah nilai estetika dari gambar.

Tidak sampai pada latar yang lebih cantik, efek night flare portrait dan Bokeh FLare Video juga bisa membuat objek yang difoto lebih terang dengan sumber cahaya yang cukup saat proses pengambilan gambar dilakukan di malam hari. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya