Sejarah HP 5G OPPO di Indonesia Sejak Mid Sampai Flagship

Sabtu, 12 Februari 2022 | 17:20
Bagus

Jaringan 5G di Oppo A74 5G

nextren.com - Sejak dikomersialkan oleh sejumlah operator telekomunikasi, Jaringan 5G mulai menjadi pertimbangan konsumen Indonesia ketika ingin membeli HP baru.

Hal ini terlihat dari sejumlah merek smartphone yang merilis produk untuk mendukung jaringan 5G mulai dari yang termurah sampai kelas flagship.

Salah satu yang menjadi pionir di Indonesia adalah OPPO melalui portfolio produk yang cukup lengkapi mulai dari A series, Reno Series, dan Find series.

Baca Juga: Kenali Fitur AI Kamera Snapdragon 865 yang Ada di OPPO Find X2 Series

OPPO Find X2 Series

Jejak teknologi 5G OPPO sudah bisa dilihat sejak 2020 melalui kehadiran OPPO Find X2 series yang dilengkapi dengan chipset Snapdragon 865 yang sudah mampu menangkap jaringan 5G.

Fahmi Bagas
Fahmi Bagas

Tampilan bodi belakang Oppo Find X2 Pro.

Meskipun pada waktu perilisannya, teknologi jaringan 5G di Indonesia masih belum komersil yang membuat fitur ini masih belum bisa dinikmati di Indonesia sampai pada akhirnya dibuka pada tahun 2021 yang lalu.

Namun selain 5G, OPPO juga melengkapi OPPO Find X2 dengan sejumlah spesifikasi dan fitur yang menarik seperti layar AMOLED 6.7 inch, lensa 2x optical zoom, dan pengisian daya SuperVOOC 65W.

OPPO Reno5 5G

Pada edisi yang ke-5, OPPO Reno series untuk pertama kalinya mendapat dukungan jaringan 5G di Indonesia.

Meskipun sama seperti Find X2, jaringan 5G untuk Indonesia belum komersil pada waktu perilisan dan baru dibuka ketika sudah komersil.

Reno5 5G dilengkapi dengan chipset Snapdragon 765G yang sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia.

Bagus

Kotak kemasan Oppo Reno5 5G

Baca Juga: Unboxing & Spesifikasi Oppo Reno5 5G, HP Masa Depan Yang Terjangkau

Selain chipset, OPPO Reno5 5G juga akan dilengkapi dengan sejumlah fitur yang menarik bagi konsumen anak muda yang suka berkreasi.

Misalkan saja fitur dual view video, slow-mo, dan sejumlah fitur portrait yang bisa membuat pengguna leluasa menuangkan ide kreatifnya.

Sedangkan spesifikasi lainnya juga sangat mendukung produktivitas sehari-hari seperti layar amoled 6.4 inch, baterai 4300mAh, dan pengisian daya SuperVOOC 65W.

Pada waktu rilis, perangkat ini sempat menjadi perangkat 5G pertama di kelas menengah dengan harga yang paling terjangkau.

OPPO A74 5G

Se;anjutnya, OPPO membawa teknologi 5G ke kelas yang lebih terjangkau lagi dengan merilis OPPO A74 5G.

Perangkat ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 480 yang tidak hanya mendukung jaringan 5G namun juga memiliki performa yang diluar ekspektasi.

Bagus

Oppo A74 5G

Tidak seperti umumnya snapdragon seri 4 di masanya, Snapdragon 480 memiliki performa yang menyamai snapdragon seri 600 atau bahkan mendekati beberapa seri 700 generasi sebelumnya.

Sehingga dengan harga 3 jutaan, OPPO A74 5G dapat menjadi starting point yang menarik sebagai HP dengan dukungan jaringan masa depan.

Baca Juga: Review OPPO A74 5G, Standar Baru Performa HP 5G Murah Yang Mengejutkan

Selain 5G, OPPO A74 5G juga memiliki spesifikasi menari lainnya seperti baterai besar 5000mAh, kamera 48MP, dan hadir juga kamera ultrawide 8MP.

Bahkan bagi yang menginginkan HP dengan layar besar, OPPO A74 5G bisa menjadi pilihan dengan panel IPS berukuran 6.5 inch dan memiliki refresh rate 90Hz.

Ukuran besar dan refresh rate tinggi tentu saja menjadi kombinasi yang cocok sebagai HP untuk bermain game di kala suntuk.

OPPO Find X3 Pro

Pada tahun 2021, OPPO kembali merilis smartphone flagship terbarunya yang juga mendukung jaringan 5G yaitu OPPO Find X3 Pro 5G.

Oppo Find X3 Pro siap hadir ke Indonesia.

Smartphone ini juga menggunakan chipset flagship terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888 yang tidak hanya mendukung 5G namun juga memiliki performa yang kencang.

Baca Juga: Inilah 5 Kelebihan OPPO Find X3 Pro 5G yang Perlu Diperhatikan

Salah satu highlight utama dari Find X3 Pro ini adalah hadirnya kamera microlens.

Fitur ini menurut OPPO memungkinkan kita melihat dunia yang tak terlihat dengan lensa biasa.

Penjelasan lensa Microlens di OPPO Find X3 Pro 5G.

Dengan adanya microlens bisa memperbesar tampilan 30 kali lipat dengan optical zoom, dan 60 kali lipat hybrid zoom yang menghasilkan fotografi mikroskopis yang melampaui fotografi makro.

ika dicermati, gambar yang dihasilkan dari Microlens memiliki kejelasan lebih tinggi bahkan jika dibandingkan dengan gambar hasil zoom beratus kali yang dilakukan oleh kamera dari smartphone lain.

Selain kamera, Find X3 Pro juga dilengkapi dengan layar LTPO AMOLED 6.7 inch yang mampu memproduksi 1 milyar warna dan teknologi pengisian daya SuperVOOC 2.0.

OPPO Reno6 5G & Reno6 Pro 5G

TIdak berhenti di Reno5, OPPO masih menghadirkan teknologi 5G pada perangkat Reno6.

Tidak hanya 1 melainkan 2 perangkat smartphone sekaligus dari Reno6 series yang mendukung jaringan 5G yaitu Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G.

Kedua smartphone ini dilengkapi dengan chipset yang sudah mendukung jaringan 5G yaitu MediaTek Dimensity 900 dan Snapdragon 870 untuk varian Pro.

bagus

OPPO Reno6 (Kiri), Reno6 5G (tengah), dan Reno6 Pro 5G (kanan)

Baca Juga: Oppo Resmi Luncurkan Reno6 5G Series di Cina, Simak Spesifikasinya!

Salah satu highlight dari Reno6 5G ini adalah desainnya yang memiliki frame yang datar.

Sedangkan Reno6 5G dilengkapi dengan desain layar 3D curved yang membuat perangkat terlihat cukup menarik.

Hal berbeda lain dari kedua perangkat ini adalah kapasitas baterainya, dimana Reno6 5G punya kapasitas 4300mAh dan Reno6 Pro 5G punya kapasitas 4500mAh.

Namun keduanya sudah dilengkapi dengan pengisian daya super kencang dari OPPO yaitu SuperVOOC 65W

Untuk selanjutnya, OPPO akan segera merilis Reno7 5G yang juga mendukung jaringan 5G di Indonesia.

Namun selain mendukung jaringan 5G, OPPO Reno7 5G juga akan memiliki sejumlah fitur fotografi yang menarik seperti fitur untuk mengambil foto portrait.

bagus

Lapisan belakang OPPO Reno7 5G yang dilengkapi dengan OPPO Glow

Baca Juga: OPPO Pamerkan Canggihnya Teknologi Desain Reno7 5G Untuk Indonesia

Dalam impresi awal, Reno7 5G juga akan memiliki desain yang masih menarik seperti para pendahulunya

Lalu kapan perangkat ini akan rilis ke pasar Indonesia ? tunggu updatenya di nextren.com. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya