Cara Mudah Mengambil Foto Portrait Bokeh di HP OPPO Reno Tanpa Edit

Sabtu, 19 Februari 2022 | 12:30
Oppo

Ilustrasi Foto Portrait

nextren.com - Efek bokeh atau kedalaman adalah istilah yang sering digunakan untuk foto yang memiliki latar blur namun memiliki objek yang tetap fokus.

Efek seperti ini pada awalnya bisa dihasilkan olehdengan lensa kamera yang memilikifocal lengt panjang atau diafragma besar.

Namun kini efek bokeh bisa juga dihasilkan melalui smartphone saja dengan cukup mudah tanpa perlu mengeluarkan modal membeli kamera yang mahal beserta lensanya.

Efek bokeh atau kedalaman sering menjadi perhatian oleh para fotografer atau penikmat foto karena menghasilkan gambar yang lebih estetik dan pesan yang lebih kuat.

Dengan efek latar yang blur, hasil foto akan lebih fokus pada objek foto dan dapat menyampaikan pesan yang tersirat dari foto tersebut dengan lebih jelas.

Baca Juga: Sepak Terjang OPPO Reno di Indonesia Dari Kamera, Portrait, Sampai 5G

Sering kali foto dengan efek bokeh digunakan untuk menyampaikan suatu pesan khusus dari sebuah foto ataupun karakter seperti model, tokoh politik, ataupun orang-orang penting.

Foto portrait dengan efek bokeh biasanya memerlukan kamera dengan focal length yang jauh atau diafragma besar seperti f/2.0, f/1/.8, dan seterusnya.

Namun kini smartphone seperti OPPO Reno series juga bisa mengambil foto dengan efek bokeh dengan cukup mudah berkat pengembangan hardware dan software fotografi yang cukup cepat di beberapa smartphone.

Lalu bagaimana cara mengambil foto bokeh menggunakan smartphone OPPO Reno series ?

pertama, pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi kamera di smarpthone seperti ingin mengambil foto biasa.

Lalu pengguna masuk ke mode portrait atau portret mengikuti bahasa masing-masing smartphone dengan menggeser tulisan foto ke arah kiri.

bagus

mode portrait di HP OPPO Reno6

Selanjutnya pastikan pakai filter dengan nama "asli" atau original yang tidak menggunakan filter sama sekali untuk menghasilkan foto yang lebih natural.

bagus

mode original atau asli untuk membuat efek foto bokeh yang natural

Baca Juga: Sejarah HP 5G OPPO di Indonesia Sejak Mid Sampai Flagship

Saat ingin mengambil foto, pengguna bisa mengatur kadar bokeh dari tidak pakai sampai efek bokeh atau blur di latar yang cukup kuat.

Hal ini bisa dilakukan dengan memilih ikon lingkaran di sebelah kanan untuk mengakses menu pengaturan "aperture" atau kadar bokeh yang bisa digeser-geser.

bagus

Cara mengatur kadar bokeh di mode portrait OPPO Reno6

Pengguna bisa mematikan efek bokeh ini dengan menggesernya mentok kanan atau efek bokeh yang semakin kuat dengan geser ke arah kiri.

Jika sudah menemukan kadar bokeh yang diinginkan, maka pengguna bisa langsung mengambil foto seperti biasa.

Jika ingin hasil portrait yang lebih optimal, pengguna bisa mengatur komposisi ataupun exposure sesuai keinginan.

berikut adalah beberapa hasil foto dengan efek bokeh dari HP OPPO Reno series.

bagus

Hasil foto portrait OPPO Reno7 5G

Bagus

Hasil foto Portrait OPPO Reno6

bagus

Foto dengan efek kedalaman atau bokeh

Baca Juga: 3 Keunggulan OPPO Reno7 Z 5G, Akan Segera Meluncur di Indonesia(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya