Sepak Terjang OPPO Reno di Indonesia Dari Kamera, Portrait, Sampai 5G

Sabtu, 05 Februari 2022 | 16:34
bagus

Line up OPPO Reno Series di Indonesia

nextren.com - Saat ini konsumen Indonesia dihadapkan pada beragam macam smartphone di setiap kelas harga.

Namun di kelas menengah, nama OPPO Reno pastilah tidak asing dengan sejumlah seri yang sudah hadir dengan menawarkan sejumlah fitur dan performa yang menarik.

Meskipun baru beberapa tahun saja, perangkat OPPO Reno series sudah memiliki spak terjang yang cukup menarik dengan berbagai inovasi mulai dari kamera, portrait, dan 5G.

Oppo Reno adalah lini produk smartphone android dari Oppo yang pertama kali diperkenalkan di dunia pada bulan April 2019 yang lalu di Tiongkok.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, Oppo mulai memasukkan Reno series bulan Juni 2019 dengan memboyong teknologi kamera 10x zoom.

Dalam waktu sekitar 2 tahun saja, OPPO sudah merilis 6 edisi dari Reno series dengan berbagai macam varian dan edisi khusus seperti marvel edition.

Dalam setiap perilisannya, OPPO Reno di Indonesia selalu menawarkan berbagai macam hal baru seperti fitur kamera portrait dan tentu saja teknologi jaringan kekinian yaitu 5G.

Sehingga wajar saja kalau setiap tahun, perangkat ini cukup dinanti kehadirannya, terutama bagi para konsumen yang ingin mencari HP yang bisa diandalkan ataupun pengguna setia OPPO.

Lalu bagaimana sepak terjang dari perangkat OPPO Reno series di Indonesia ?

Baca Juga: OPPO Reno7 Dikonfirmasi Akan Segera Meluncur di Indonesia Dengan 5G

OPPO Reno & Reno 10x Zoom

Pada tahun 2019, OPPO membuka perjalanan Reno series dengan merilis Reno & Reno 10x zoom di Indonesia.

OPPO Reno 10x zoom pada waktu itu datang sebagai perangkat kelas atas yang membawa fitur kamera yang sedang tren saat itu yaitu kamera zoom, sedangkan Reno hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

bagus

OPPO Reno10x zoom (kiri) & OPPO Reno (Kanan)

Sesuai namanya, HP ini membawa fitur kamera 10x zoom secara hybrid yang didukung oleh lensa 5x optical zoom dan sisanya dioptimalkan melalui software.

Namun tidak berhenti pada kamera zoom, OPPO Reno 10x zoom juga memperkenalkan konsep desain layar penuh tanpa notch yang didukung mekanisme kamera depan pop-up berbentuk sirip hiu atau yang OPPO sebut Pivot Rising.

Pada waktu itu, Reno 10x zoom memiliki harga yang cukup premium, mengingat spesifikasi yang diusung juga flagship yaitu chipset Snapdragon 855, RAM 12GB, NFC, panel AMOLED 6.6” beresolusi FHD+ dan kamera depan 16MP.

Sedangkan OPPO Reno yang lebih terjangkau tidak memiliki chipset flagship dan kamera zoom, namun masih menggunakan mekanisme kamera pop up yang memberikan pengalaman visual lebih maksimal.

HP ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 710, layar AMOLED 6.4 inch, dan kamera 48MP.

Baca Juga: Kualitas Cetak Foto yang Diambil Menggunakan Oppo Reno 10x Zoom

OPPO Reno2 & Reno2 F

Tidak selang lama kemudian, OPPO memperkenalkan OPPO Reno2 dan Reno2 F yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang lebih luas.

OPPO Reno2 sendiri masih mempertahankan konsep layar penuh dengan kamera pop up berbentuk sirip hiu seperti Reno sebelumnya, namun ditambahkan kamera zoom 5x hybrid dan ultrawide di belakangnya.

Selain itu chipset yang digunakan juga lebih baik dan irit daya yaitu Snapdragon 730.

bagus

OPPO Reno2 (kiri) & Reno2 F (kanan)

Sedangkan Reno2 F didesain untuk konsumen Indonesia yang lebih luas lagi dibandingkan Reno 10x zoom ataupun Reno2.

HP ini masih menawarkan spesifikasi yang premium di masa itu seperti Kamera utama 48MP, sensor sidik jari dalam layar, dan pengisian daya VOOC 20W.

Perbedaan yang dimiliki Reno2 F ini adalah pemakaian chipset Mediatek Helio P70, kamera Tele yang digantikan oleh kamera depth sensor 2MP, dan mekanisme kamera pop up yang biasa.

Reno2 F ini sekaligus menjadi perangkat dari reno series pertama yang menjangkau pasar HP kelas menengah di Indonesia.

Baca Juga: Ini Perbedaan Oppo Reno 2, Reno 2Z dan Reno 2F yang Baru Resmi Dirilis

OPPO Reno3 & Reno3 Pro

Melihat antusiasme konsumen Indonesia, OPPO kembali memperbaharui line up Reno series di Indonesia dengan merilis OPPO Reno3 & Reno3 Pro di bulan maret 2020.

OPPO Reno3 menawarkan spesifikasi dan fitur fotografi yang jauh lebih menarik dari sejumlah pendahulunya seperti Ultra Dark Mode dan Ultra Steady Camera.

Tidak ketinggalan juga fitur kamera 108MP yang disebut bisa menghasilkan foto dengan resolusi yang sangat tinggi dan bisa dicetak dalam ukuran sangat besar.

Sejumlah fitur ini didukung oleh hadirnya chipset buatan mediatek yaitu Helio P90 dan setup 4 kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP, kamera tele 2x optical zoom, kamera ultra wide 8MP, dan kamera Mono 2MP.

OPPO Reno3 (Kiri) & OPPO Reno3 Pro (Kanan)

Sedangkan OPPO Reno3 Pro menawarkan sedikit perbedaan spesifikasi seperti chipset Mediatek Helio P95, kamera utama 64MP, dan satu kamera depth 2MP di bagian depan.

Mediatek Helio P95 secara spesifikasi memang mirip dengan Helio P90 namun menawarkan performa AI yang lebih baik.

Sedangkan fitur seperti kamera 108MP, Ultra Dark Mode, dan Ultra Steady Camera juga tersedia di Oppo Reno3 Pro.

Baca Juga: Review Kamera Oppo Reno3: Tajam Saat Gelap, Stabilisasi Videonya Juara

OPPO Reno4 & Reno4 F

Pada edisii yang keempat, OPPO Reno series memulai fokus pada fitur kamera portrait yang dapat menghasilkan foto-foto yang artistik dengan cukup mudah.

OPPO Reno4 dilengkapi dengan berbagai fitur portrait seperti AI Color Portrait yang bisa mengubah latar foto jadi hitam putih.

Lalu ada Night Flare Portrait yang bisa membuat efek bokeh satu level lebih baik dengan efek pendaran cahaya yang cantik.

Secara spesifikasi perangkat keras, OPPO Reno4 ini memang lebih simpel namun tetap terasa premium seperti chipset Snapdragon 720G, panel AMOLED 6.4 inch, setup 4 kamera 48MP, kamera depan 32MP, baterai 4015mAh, dan pengisian daya 33W.

bagus

OPPO Reno4 (Kiri) & Reno4 F (Kanan)

Sedangkan pada Reno4 F yang lebih terjangkau, sejumlah spesifikasi dan fitur masih dipertahankan dengan beberapa perbedaan.

Misalkan saja chipsetnya yang menggunakan Mediatek Helio P95, kamera depan 16MP, serta pengisian daya 18W.

Namun fitur kamera seperti AI color portrait masih dipertahankan di OPPO Reno4 F.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Desain Antar Generasi OPPO Reno4. Reno5 dan Reno6

OPPO Reno5, Reno5 F, & Reno5 5G

Pada edisi selanjutnya, OPPO memboyong cukup banyak varian Reno series yang salah satunya membawa teknologi jaringan kekinian, 5G.

OPPO Reno5 masih mengikuti jejak pendahulunya yang membawa cukup banyak fitur portrait namun dengan penambahan yaitu AI Mix Portrait yang mampu menggabungkan 2 video menjadi 1 dengan hasil ala-ala video klip musisi ternama.

Untuk spesifikasinya sendiri, OPPO Reno5 dilengkapi dengan chipset Snapdragon 720G, Kamera 64MP, panel AMOLED 6.4 inch 90Hz, dan pengisian daya 50W,

bagus

OPPO Reno5 (Kiri), OPPO Reno5 F (Tengah), dan Reno5 5G (Kanan)

Sedangkan untuk Reno5 5G juga diberikan beberapa fitur dan spesifikasi yang mirip, namun dilengkapi dengan chipset Snapdragon 765G yang sudah dilengkapi dengan kemampuan menangkap jaringan 5G di Indonesia.

Reno5 5G bisa dibilang adalah pelopor smartphone kelas menengah dengan jaringan 5G di Indonesia.

Sehingga perangkat ini cocok bagi yang ingin smartphone dengan dukungan jaringan masa depan namun dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Tidak ketinggalan, OPPO juga memperkenalkan perangkat Reno 5 series yang paling terjangkau yaitu Reno5 F yang dilengkapi dengan chipset Mediatek Helio P95, kamera 48MP, dan panel AMOLED 6.4 inch.

Baca Juga: Kesiapan Konektivitas 5G di OPPO Reno5 5G dan A74 5G

OPPO Reno6, Reno6 5G, & Reno6 Pro 5G

Di edisi selanjutnya, OPPO semakin menyempurnakan fitur portrait di Reno6, serta menambah line up smartphone 5G di Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G.

Fitur portrait di OPPO Reno6 terus disempurnakan dengan tambahan fitur Bokeh Flare video merupakan pengembangan dari bokeh flare portrait.

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat video dengan efek bokeh dan flare di latar seperti menggunakan kamera profesional.

Sedangkan untuk spesifikasinya, OPPO Reno6 masih menggunakan Snapdragon 720G, kamera 64MP, pengisian daya 50W, dan panel amoled 6.4 inch.

bagus

OPPO Reno6 (Kiri), Reno6 5G (tengah), dan Reno6 Pro 5G (kanan)

Meskipun secara desain mirip, OPPO Reno6 membawa finishing matte yang disebut sebagai Reno Glow yang terasa premium ketika dipegang dan minim bekas sidik jari.

Pada edisi ini OPPO juga menambah lineup smartphone 5G dengan merilis 2 smartphone yaitu Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G.

Kedua HP ini menggunakan chipset yang mendukung jaringan 5G di indonesia yaitu mediatek Dimensity 900 dan Snapdragon 870 secara berurutan.

Baca Juga: Inilah Hasil Foto Portrait OPPO Reno6 Setelah Update ColorOS 12

Untuk selanjutnya, OPPO Indonesia akan segera memperkenalkan edisi terbaru dari Reno series di Indonesia yaitu Reno7.

Akan ada 2 fokus baru dari perangkat ini yaitu fitur portrait yang didukung oleh sensor RGBW dan hasil kolaborasi antara OPPO dan Sony yaitu IMX 709.

Namun smartphone ini juga akan mendukung jaringan kekinian yang super kencang yaitu 5G.

Update mengenai kehadiran perangkat ini bisa ditunggu di nextren.com.

Baca Juga: Teaser Hasil Portrait Penerus OPPO Reno Series Pakai Sony IMX 709(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya