Bagaimana Teknologi Bisa Membantu Wujudkan Resolusi Tahun Baru?

Minggu, 12 Desember 2021 | 10:26
Shutterstock

Nextren.comTeknologimemiliki kemampuan untuk diintegrasikan ke dalam kehidupan manusia sehari-haridi era modern seperti sekarang.Manusia memanfaatkan teknologi untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk mencapai tujuan hidup.

Menyambut pengujung tahun, banyak orang mulai menyusun rencana dan resolusi tahun baru. Meski tidak tertulis secara nyata, setidaknya rencana dan resolusi tersebut muncul di benak.

Menurutfasilitator dariPiedmont Medical Center, Amerika Serikat,Dennis Buttimer M.Ed,memiliki resolusiuntuk mewujudkan sesuatudi tahun barudapat meningkatkan kualitas hidup.

Buttimer juga mengatakan, ketika seseorang menetapkan tujuan di tahun baru, mereka akan terdorong untuk melakukan sesuatu sehingga memicu produksi hormon dopamin di otak.

Baca Juga: Update Terbaru Aplikasi Twitter, Buat Menu Khusus Untuk Spaces

“Dopamin membantu mengontrol pusat penghargaan dan kesenangan otak, serta mengatur respons emosional,” kata Buttimer yang dikutip dari lamanPiedmont.org.

Lalu, bagaimana teknologi dapat membantu manusia mewujudkan berbagai tujuan dan resolusi tahun barutersebut? Simak beberapa contoh berikut.

Dorong gaya hidup sehat

Momen tahun baru identik dengan membuatperubahan menuju keadaan yang lebih positif.Salah satunya, perubahan gaya hidup. Dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, impian untuk memiliki tubuh sehat dan bugar dapat tercapai.

Bahkan, dalam sebuah survei yang dimuat di lamanVintagenepada 2019 disebutkan, memiliki gaya hidup sehatmerupakanresolusi tahun baru yang paling populer.

Baca Juga: Asyik! Tampilan Instagram Feed Akan Kembali Sesuai Urutan Waktu

Namun, untuk menjalankan gaya hidup sehat, dibutuhkan niat, motivasi, dan konsistensi agar semangat tidak kendur di tengah jalan.

Teknologi sepertismart watchpun dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu menumbuhkan dan mempertahankan motivasi tersebut.

Perangkat yang bisa digunakandi berbagai kesempatantersebut memiliki sejumlah fitur yang dapat memudahkan pengguna memantau kegiatan sehari-hari.

Untuk kebutuhan olahraga,smart watchmemiliki fiturfitness tracker,sepertistepsandcalorie counting. Fitur tersebut dapat mencatat langkah yang ditempuh pengguna dan jumlah kalori yang dikeluarkan dari jumlah langkah.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan di Kala Pandemi Lewat Trainer Pribadi OPPO Watch

Selain itu,softwareyang terintegrasi dengansmart watchjuga biasanya dilengkapi dengan aplikasisleep tracker. Aplikasi tersebut dapat membantu pengguna memantau jam tidur, termasuk membuat pengingat saat jam tidur tiba.

Eksplorasihobi baru

Shutterstock

Bermain gitar dapat menjadi salah satu hobi baru.

Membuat perubahan di tahun baru juga dapat dilakukan dengan mengeksplorasi kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Siapa tahu, kegiatan tersebut dapat berkembang menjadi hobi yang menyenangkan.

Saat ini,menekuni hobipun bisa dilakukan di rumah saja. Ada beberapa kegiatan yang bisa dijadikan hobi di rumah, mulai dari berkebun, membuat karya seni, hingga bermusik.

Teknologi internet yang berkembang pesat juga memudahkan siapa saja untuk mencari inspirasi hobi baru melalui platform internet seperti YouTube atau Instagram.

Baca Juga: YouTube Music Hadirkan Fitur Kilas Balik Mirip Spotify Wrapped

Selain itu, kehadiran gadget canggih sepertilaptopatauponseljuga telah memunculkan banyak hobi baru yang berkaitan dengan dunia digital, seperti bermaingame, membuat konten untuk disebar di media sosial, dan mendesain karya lewat aplikasiediting.

Wujudkan hunian masa depan

Setiap orang memiliki rumah impian. Momen pergantian tahun baru pun dapat menjadi waktu yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut.

Salah satu konsep rumah yang banyak diimpikan oleh generasi milenial adalahsmart home. Dilansir dari lamanInvestopedia,smart homemerupakan rumah yang dilengkapi perangkat berbasis teknologi. Perangkat tersebut dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan internet.

Sebagai contoh, saat ini sudah banyaksmart homeyang menggunakanperangkatclosed-circuit television(CCTV)yang dapat terhubung ke ponsel. Pemilik rumah dapat memantau keadaan rumah dari jarak jauh lewat aplikasi.

Baca Juga: IMILAB Home Security Camera A1, CCTV Pelacakan 360 Derajat

Untuk kebutuhan hiburan, teknologihome theatrekini mulai banyak diincar oleh masyarakat untuk menghadirkan pengalaman hiburan yang lebih canggih dan menyenangkan di rumah.

Perangkat yang dibutuhkan antara lainsmarttelevision(TV),sound speaker, dan perangkatvirtual reality.

Mewujudkan resolusi tahun baru di atas pun dapat dimulai dari hal sederhana. Misalnya saja, memenuhi kebutuhan barang-barang dan teknologi penunjang.

Anda dapat memenuhi berbagai kebutuhan di rumah lewat platform belanja Lazada. Selain mudah dan aman, belanja di Lazada dapat menghemat budget karenaLazadasedang menyambut gelaran festival belanja terbesar akhir tahunLazada12.12 Grand Year End Sale.

Baca Juga: Beasiswa Lazada Hadir Untuk Mahasiswa, Rp 700 Juta untuk 20 Orang

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh pelanggan selama festival belanja tersebut berlangsung, seperti gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia, bonus dadakan terbesar diLazadahingga Rp 1,2 juta yang dapat dikumpulkan sampai 14 Desember 2021. Bonus tersebut akan memotong langsung total belanjaan Anda pada 12-14 Desember 2021.

Selain itu, Anda juga akan berkesempatan untuk mendapatkan barang impian serba Rp 12 di promo Flash SaleLazada 12.12 Grand Year End Saledan voucher Rp 120.000 yang akan dibagikan setiap 2 jam sekali pada 12-14 Desember 2021.

Untuk memeriahkan rangkaian festival belanja ini,Lazadajuga akan menghadirkan acara hiburanLazada12.12 Grand Show pada Sabtu (11/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Konser tersebut dapat disaksikan melalui platformlive streamingLazLive di aplikasiLazadaatau sosial mediaLazadaseperti Youtube Live, TikTok Live, dan Facebook Live. Selain itu, konser akan disiarkan melalui stasiun televisi (TV) Tanah Air, seperti SCTV, RCTI, dan Indosiar.

Baca Juga: Lazada Dorong Kemajuan UMKM Indonesia: Mereka Pahlawan Ekonomi Digital

Pada konser tersebut, Sahabat Nova dapat menikmati hiburan lewat segmen Grand Hoorah Games yang dipandu oleh Denny Cagur dan Hesti Purwadinata.Andabisa mengikuti berbagai rangkaiangamesseru yang menawarkan banyak hadiah menarik.

Tidak hanya itu,Lazada12.12 Grand Show juga akan diramaikan oleh penampilan menarik dari Agnez Mo, Dewa 19 dan Once, Angger Dimas, Inul Daratista, Lyodra, dan NDX AKA. Penampilan tersebut nantinya akan dipandu olehhostRaffi Ahmad dan Ayu Dewi.

Bersamaan dengan rangkaian promoLazada12.12 Grand Year End Sale,Lazadajuga menghadirkan programLazada12.12 Grand Giveaway. Program tersebut berlangsung selama 2-14 Desember 2021.

Untuk memenangkan hadiahgiveaway, Anda harus menyelesaikan misi padagameLazzie Star di aplikasiLazada. Apabila berhasil mencapai level 16, Anda berkesempatan untuk memenangkan hadiah dariLazada.

Adapun hadiah yang ditawarkan adalahsepeda motor Yamaha, Samsung Fold dan Samsung A52, serta logam mulia 10 gram.

Tidak hanya itu, apabila berhasil mencapai level 35, Anda juga berkesempatan untuk memenangkangrand prizeberupa satu unit rumah di BSD City, Tangerang.

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember nanti. Jadi, Anda masih memiliki kesempatan!

Ikuti rangkaian promoLazada12.12 Grand Year End Sale dan programLazada12.12 Grand Giveaway hanya diaplikasiLazadaatau situswebLazada.

Editor : Wahyu Subyanto