Inilah Beda Produk Favorit Pria dan Wanita Saat Belanja Online

Kamis, 04 November 2021 | 21:12
Tokopedia

Ilustrasi program belanja WIB di Tokopedia.

Nextren.com - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat makin dekat dengan dunia digital, termasuk belanja online di e-commerce atau marketplace.

Khusus kinerja e-commerce di Indonesia, penjualan mereka tercatat melonjak hingga 26%, dengan transaksi harian naik ke 4,8 transaksi per hari.

Data terbaru dari survey We Are Social pada April 2021 menunjukkan bahwa e-commerce menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bayangkan, ada 88.1% pengguna internet di Indonesia yang memakai layanan e-commerce untuk membeli produk tertentu selema beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Cara Mencari Barang dengan Foto, Belanja Online Makin Mudah!

Tahukah Anda kalau persentase 88.1% ini merupakan angka yang tertinggi di dunia?

Sungguh sebuah perkembangan perilaku masyarakat yang menarik sehingga perlu diperdalam lagi, seperti apa pola belanja online mereka.

Pandemi memang memang membuat cara berbelanja masyarakat Indonesia berubah.

Didorong oleh majunya teknologi digital, layanan berbasisonline semakin diminati.

Selain praktis, layanan online saat masa pandemi juga lebih aman karena konsumen tak harus bepergian.

Lalu seberapa bahagia atau seberapa puas masyarakat berbelanja online saat ini?

Yuk simak di halaman berikutnya.

Untuk mengetahui faktanya, maka Nextren ingin mengukur tingkat kebahagian masyarakat saat berbelanja online tersebut.

Kami menggunakan metode Kuantitatif lewat Survey Online dengan responden yang telah berbelanja di e-commerce dalam 3 bulan terakhir.

Adapun responden tersebut WNI berusia 15 - 65 tahun, dari SES ABC,

Kami mendapatkan 2020 responden dari pembaca di KG media yaitu Kompas.com, Tribunnews dan Grid.id.

Baca Juga: Tips Jualan Laris di Lazada Saat Program Belanja 11.11 Sampai 12.12

Pria dan Wanita Suka Belanja

Hal menarik adalah secara jumlah, responden seimbang antara pria dan wanita, bahkan pria sedikit lebih besar.

Hal ini tentu saja mematahkan mitos bahwa wanita yang paling suka belanja.

Hal ini penting untuk diperhatikan oleh pengelola e-commerce, tentang pilihan produk yang sering dipilih untuk dibeli secara online.

Seperti diduga karena sudah menjadi kenyataan sehari-hari, pria paling banyak membeli produk elektronik secara online.

Produk tersebut seperti smartphone, komputer dan laptop.

Begitu juga dengan wanita yang sering kita lihat sering membeli produk kecantikan, karena pembelian mereka secara online mencapai 71%.

Untuk pria, setelah elektronik, maka produk pilihan favorit berikutnya untuk dibeli secara online, adalah sebagai berikut :- Fashion - (53%)- Peralatan Rumah - (45%)- Hobi dan Craft - (35.4%)- Kesehatan - (35.4%)- Perlengkapan kantor/kerja - (2%)- Kecantikan - (18%)- Otomotif - (17.9%)- Groceries (sembako, sayur, dll) - (10.2%)- Kebutuhan hewan piaraan - (10%)

Baca Juga: Cara Belanja di TikTok Shop Secara Langsung, Juga Saat Live Streaming

Sedangkan untuk wanita, setelah produk kecantikan (71%), maka pilihan produk yang disukai untuk dibeli secara online, adalah seperti berikut :- Fashion - (67%)- Peralatan Dapur - (57%)- Kesehatan - (45%)- Perlengkapan kantor/kerja - (33.5%)- Hobi dan Craft - (32.8%)- Elektronik - (30%)- Fashion - (67%)- Groceries - (24%)- Kebutuhan hewan piaraan - (12%)- Otomotif - (4%)

Dari data survey tersebut para pengelola e-commerce bisa memusatkan perhatian pada produk yang ingin ditonjolkan, agar bisa lebih favorit bagi pembeli.

Menarik bukan? Yuk ikuti terus informasi perilaku konsumen saat belanja online dalam peluncuran Index Kebahagiaan E-Commerce 2021 di Nextren.com pada 5 November 2021

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya