Nasabah Pinjol Ngaku Dirugikan Perusahaan, Ini Jawaban Home Credit

Selasa, 31 Agustus 2021 | 16:30
Home Credit

Ilustrasi Home Credit

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com- Banyak orang-orang pengguna layanan pinjol (pinjaman online) mengaku mengalami kerugian.

Bahkan salah satu pengakuan yang pernah Nextren muat dalam sebuah artikel menyatakan kalau nasabah bernama Ayu mengalami percerain akibat terlilit hutang pinjol.

Kala itu perempuan tersebut curhat melalui forum Facebook dan mendapat banyak atensi dari netizen lain yang berada di forum tersebut.

Menjawab pengakuan yang dinilai Ayu merugikan tersebut, Home Credit selaku perusahaan fintech penyedia layanan pinjaman online pun memberikan tanggapannya.

Baca Juga: OJK Cabut Izin 3 Penyedia Layanan Pinjaman Online, Apa Saja Itu?

VP Brand Strategy and Communications Home Credit, Freya Pradieta sebagai perwakilan menjelaskan kronologi yang terjadi antara pihaknya dengan Ayu sebagai peminjam di aplikasinya.

"Kami telah melakukan investigasi internal sebagai upaya kami dalam menindak lanjuti permasalahan atas pembayaran angusaran yang dihadapi oleh Ibu Ayu Khoirina," ungkap Freya melalui pernyataan tertulis yang diterima Nextren, Selasa (31/8).

Lebih lanjut disebutkan bahwa transaksi antara Ayu dan Home Credit terjadi pada tanggal 7 Oktober 2019 untuk pembiayaan multiguna dengan Perjanjian Pembiayaan.

Namun, Ayu selaku debitur dilaporkan belum melakukan pembayaran angsuran hingga batas waktu jatuh tempo yang terjadi pada bulan Juli 2021.

Oleh karenanya, Home Credit mengklaim telah melakukan prosedur penagihan kepada Ayu guna menyelesaikan kewajibannya melakukan pembayaran.

Baca Juga: Ini Cara Pinjol Bisa Tahu Nomor Telepon Teman Si Peminjam Uang

Freya pun menjelaskan kalau periode pembayaran yang sudah berjalan selama 21 bulan (sampai sekarang) itu masih sama seperti perjanjian awal ketika dibuat oleh Ayu.

Ia juga menyayangkan dengan apa yang dilakukan oleh Ayu selaku pihak peminjam.

"Pada umumnya, pelanggan kami akan menghubungi Layanan Pelanggan Home Credit yang terbuka setiap saat jika memiliki keluhan atau ingin menginformasikan kendala mereka dalam melalukan pembayaran," terangnya.

Baca Juga: Efek Negatif Pinjol Menurut Psikolog, Bisa Bikin Stress dan Kena Mental

Pihak Home Credit juga menyatakan bahwa sudah mencoba untuk menghubungi Ayu melalui telepon, SMS, dan e-mail sejak tanggal 27 Juli 2021.

Namun hingga saat ini, Home Credit mengaku belum berhasil untuk terhubung dengan Ayu.

Dalam akhir pernyataan pun Freya menyatakan kalau pihaknya akan selalu terbuka untuk seluruh pelanggan Home Credit.

"Kami selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan pelanggan kami sebagai bagian dari upaya memperkuat kualitas pelayanan kami," tegasnya.

Ia juga berharap agar Ayu bisa segera menghubungi pihak Home Credit untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan bisa mendapat solusi yang memungkinkan untuk proses pelunasan cicilan.

Baca Juga: Pinjol Ilegal Marak Beredar di Masyarakat, Yuk Kenali Penyebabnya!

Bagi pengguna layanan pinjol melalui Home Credit juga bisa menghubungi melalui email di alamt care@homecredit.co.id atau melalui akun media sosial @HomeCreditID di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Untuk kamu yang belum mengetahui awal mula pengakuan Ayu di forum Facebook, berikut link berita yang bisa kamu baca dengan klikcurhat Ibu Ayu di forum Facebook.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya