5 Tips & Trik Jitu Jualan Online di Tokopedia Selama Bulan Ramadan

Kamis, 08 April 2021 | 11:30
iStockphoto

Jualan Online

Nextren.com - Tips & trik jitu dalam berjualan online memang diperlukan bagi para pelaku usaha.

Apalagi, dalam kurun waktu satu tahun ke belakang telah banyak penjual-penjual yang melakukan digitalisasi dari offline ke online.

Penggunaan aplikasi e-commerce seperti Tokopedia sebagai platform pembelian barang pun dapat menjadi faktor yang perlu diperhatikan.

Selain itu, memasuki bulan Ramadan 2021, para pengusaha juga perlu melakukan inisiatif-inisiatif baru guna menggenjot kinerja penjualan barang selama bulan tersebut.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jualan Online Sebagai Dropshipper, Cocok Buat Mahasiswa

"Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam siaran pers yang diterima Nextren.

Lebih lanjut, pihak perusahaan juga membagikan 5 tips & trik agar penjualan UMKM di Tokopedia meningkat di bulan Ramadan.

"Inilah yang dilakukan Tokopedia bersama lebih dari 10 juta penjual yang hampir 100 persennya UMKM," ucap Ekhel.

1. Cari Tahu Produk yang Sedang Laris

Untuk bisa berjualan dengan baik, para pelaku usaha perlu melihat dulu tren barang yang sedang banyak dibeli oleh konsumen.

Guna mempermudahnya, Tokopedia pun menawarkan fitur Wawasan Pasar yang bisa digunakan untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan oleh pembeli.

Baca Juga: Beli Hard Disk Eksternal di Tokopedia, Ternyata Isinya Flash Disk

Dengan begitu penjual dapat dengan mudah mengidentifikasi barang yang laku di pasaran.

Selain itu, fitur tersebut juga dapat difungsikan untuk mencari produk terlaris, rekomendasi produk berdasarkan kategori, hingga inspirasi tren produk.

Fahmi Bagas
Fahmi Bagas

Ilustrasi aplikasi Tokopedia.

2. Upgrade dan Percantik Toko

Langkah kedua adalah dengan mempercantik tampilan toko di Tokopedia.

Baca Juga: Transaksi Online Meningkat, Tokopedia Gandeng 11 Brand Sepatu Lokal

Meski terbilang agak sulit untuk dilakukan oleh penjual yang baru beradaptasi dengan dunia digital, namun Tokopedia menyediakan sebuah fitur bernama Dekorasi Toko.

Berdasarkan klaim Tokopedia, fitur yang satu ini bisa dipakai guna mempercantik toko agar bisa menarik lebih banyak pembeli.

3. Aktifkan Promo Bebas Ongkir

Promo merupakan sesuatu yang banyak dicari oleh konsumen baik itu perempuan ataupun laki-laki d semua kalangan.

Kehadiran promo bebas ongkir pun dapat menjadi jalan yang dapat dipakai sebagai pendongkrak hasil jual barang di Tokopedia.

Baca Juga: 3 Provinsi Penjualan Online Tertinggi Saat Pandemi di Tokopedia, Bukan DKI Jakarta!

Dengan begini, para konsumen yang berada di pulau berbeda pun dapat membeli produk milikmu, terutama saat bulan Ramadan.

Pasalnya tidak menutup kemungkinan bahwa pembelian produk sembako di platform online akan cenderung meningkat.

Baca Juga: Tokopedia Parents, Kampanye Untuk Penuhi Kebutuhan Ibu dan Anak

4. Buat Produk Parsel Ramadan

Pada bulan Ramadan tahun ini diprediksi akan ramai transaksi parsel seperti tahun lalu.

Sebab kondisi yang belum menentu dapat dijadikan faktor utama, serta adanya aturan yang tidak memperbolehkan adanya kegiatan mudik.

"Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada Ramadan 2020 tercatat melonjak hampir 4x lipat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya," ungkap Ekhel.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu mengupload produk parsel dengan rumus nama 'Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan'.

Baca Juga: Ini 3 Produk Penunjang WFH yang Banyak Diburu Konsumen di Tokopedia

freepik

Ilustrasi media sosial

5. Promosi di Media Sosial

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa meningkatkan penjualan produk selama bulan Ramadan adalah dengan promosi di akun media sosial.

Baca Juga: Jelang Bulan Ramadan, Tokopedia Peringatkan Hal ini Untuk Penjual

Kamu bisa menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, hingga WhatsApp sebagai media promosi yang gratis.

Para pelaku usaha juga diimbau untuk membuat promo-promo unik yang hampir sama dengan e-commerce, misalnya gratis ongkir atau cashback.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto