Smartfren Gaet UMKM Untuk Maju Bersama Lewat Teman Kreasi di 100 Kota

Kamis, 25 Maret 2021 | 19:44
Zihan Fajrin

Peluncuran program Teman Kreasi Smartfren.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Smartfren merupakan provider jaringan internet yang cukup besar di Indonesia, namun anehnya ia meluncurkan program yang mungkin tidak pernah diperkirakan oleh orang lain.

Program ini tidak berhubungan dengan kuota baru, Teman Kreasi merupakan program terbaru Smartfren untuk bantu UMKM dengan teknologi.

Ada latar belakang yang menarik Smartfren akhirnya memiliki inovasi Teman Kreasi, yang dimana juga dibantu oleh Smartfren Community.

Smartfren Community dibentuk dari tahun 2011, yang awalnya tidak dibentuk oleh perusahaan.

Baca Juga: REVIEW Smartfren Super 4G Unlimited dan Kinerja Saat Kuota FUP Habis

Roberto Saputro, Chief Brand Officer Smarfren menjelaskan pengguna Smartfren yang berinisiatif untuk membentuk sebuah komunitas.

Kini Smartfren Community sendiri sudah beredar ke 100 kota di Indonesia.

Dengan adanya kondisi pandemi ini Smartfren dan komunitasnya ingin membantu wirausaha dengan pemikiran bersama, maka lahirlah Teman Kreasi.

Di halaman selanjutnya kalian bisa mengetahui Teman Kreasi itu apa, dan keuntungan menjadi salah satu anggotannya.

Teman Kreasi merupakan wadah untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda, serta membuka peluang tumbuhnya ekonomi UMKM yang kreatif.

UMKM yang sudah terdaftar di Teman Kreasi merupakan anggota dari Smarfren Community.

Ada beberapa keuntungan bergabung dengan Teman Kreasi yang disebutkan pihak Smartfren.

"Dalam membentuk pelaku UMKM khususnya generasi muda menjadi social entrepreneurship ada lima kunci (yang Smartfren lakukan)," ujar Dani M. Akhyar, Head of Communication Smartfren, via Zoom (25/3).

Baca Juga: 3 Provider Ini Dapat Predikat Baik di OpenSignal Global Awards 2021

Yang pertama ialah Smartfren ingin membuka peluang seluas-luasnya untuk anak mudah bisa berkreasi lebih bagus lagi.

Anggota Teman Kreasi nantinya akan mendapatkan ilmu dari beberapa pengusaha kreatif yang sudah lebih berpengalaman.

Teman Kreasi bisa mendapatkan pengajaran dari Smartfren untuk memanfaatkan teknologi digital untuk menyelesaikan masalah masing-masing.

Smartfren juga ingin menjadikan Teman Kreasi sebagai lokal hero, lihat lengkapnya di halaman selanjutnya.

Teman Kreasi ini memiliki tagline Mandiri dan Berbagi, jadi Smartfren ingin UMKM bisa berkelanjutan dan mengembangkan komunitas Smartfren dengan mandiri dan bisa berbagi ke orang banyak.

Yang pastinya UMKM yang tergabung dalam Teman Kreasi bisa mendapat jaringan internet dari Smartfren.

Beberapa produk UMKM juga ada yang berkolaborasi dengan seniman seperti Show The Monster, yang diperjualkan di toko online Smartfren.

Namun tujuan Smartfren bukan untuk mencari untung, hasil penjualannya digunakan untuk social movement.

Baca Juga: Perbandingan Harga dan Paket Unlimited byU dan Smartfren, Pilih Mana?

"Kami berharap program ini bisa membantu banyak orang bisa lebih mencintai produk-produk lokal," ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren.

Untuk saat ini ada beberapa UMKM yang tergabung di Teman Kreasi berasal dari 25 kota.

Smartfren memiliki target dari 100 kota komunitas berada di sana juga ada Teman Kreasi.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya