Transaksi Online Meningkat, Tokopedia Gandeng 11 Brand Sepatu Lokal

Jumat, 12 Maret 2021 | 18:00
Tokopedia

Tokopedia gandeng 11 brand sepatu lokal dalam program Bersebelas: Melangkah Bareng.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Perilaku konsumen dalam melakukan pembelanjaan mengalami pergeseran dari offline ke online.

Selama kurun satu tahun ke belakang, nampak peningkatan yang cukup signifikan pada aktivitas belanja online di sejumlah platform e-commerce.

Tokopedia sebagai salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia mengkonfirmasi hal tersebut.

Baca Juga: Pembayaran Biaya Pendidikan Lewat Tokopedia Melonjak Selama Pandemi

Aldhy Darmayo, selaku Senior Lead Fashion Tokopedia mengatakan bahwa peningkatan transaksi online untuk barang-barang fesyen menjadi salah satu yang mengalami dampaknya.

"Ada peningkatan transaksi pada kategori Fashion di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama Desember 2020, dibandingkan dengan periode awal pandemi pada 2020," ungkap Aldhy, dalam acara pertemuan media yang diselenggarakan secara virtual pada hari Jumat (13/2).

Peningkatan yang terjadi pada penjualan fesyen itu pun menjadi alasan mengapa Tokopedia mengadakan sebuah program baru bertajuk "#Bersebelas: Melangkah Bareng".

Sebenarnya, apa tujuan dari program baru tersebut? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Maksud dan tujuan adanya program ini disebutkan Aldhy sebagai cara Tokopedia untuk mendorong pasar penjualan merek-merek sepatu lokal.

"Upaya bersama ini ditujukan untuk mendukung para pegiat UMKM sepatu lokal mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaan di tengah pandemi," ucapnya.

Baca Juga: Pegiat Usaha Mitra Tokopedia Raih Untung Melimpah, Minat Gabung?

Ia juga menambahkan, "Sekaligus mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk dalam negeri."

Dalam catatan internal Tokopedia, perusahaan mencatat ada salah satu merek sepatu lokal yaitu Nokha yang mengalami lonjakan penjualan yang cukup signifikan.

Merek tersebut dikatakan mencapai hampir 2,5x lipat peningkatan.

Baca Juga: Tokopedia Hadirkan Promo Untuk Kamu Beli Make Up dan Skincare Nih!

Dan bahkan ada pegiat usaha lokal lainnya yang berhasil memperbesar pendapatannya hingga 5,5x lipat yaitu Brodo.

Pada program Bersebelas: Melangkah Bareng ini Tokopedia juga tidak hanya menggandeng namun juga berkolaborasi.

"Setiap bulan, kami akan merilis produk hasil kolaborasi bertajuk 'Bersebelas Series' yang bisa didapatkan masyarakat secara eksklusif di Tokopedia," ungkap Bernhard Suryaningkat, selaku Founder NTL.

Berikut 11 brand sepatu lokal dalam program terbaru Tokopedia:

1. NeverTooLavish (NTL)

2. Patrobas

3. Pijakbumi

4. Fuse Concept

5. Nokha

6. Seji

7. Exodos

8. FYC

9. Rafheoo

10. Brodo

11. Ortuseight

Aldhy Darmayo, selaku Senior Lead Fashion Tokopedia juga berharap bahwa program ini nantinya bisa membuat banyak pihak lebih gencar untuk berkolaborasi dengan pegiat usaha Indonesia, khususnya UMKM.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto