Mark Zuckerberg Klaim VR Baru Facebook Bisa Tampilkan Realitas Virtual

Selasa, 09 Maret 2021 | 19:00
www.medium.com

Mark Zuckerberg

Nextren.com - Pengembangan Facebook dalam dunia digital nampaknya tidak berhenti dari hanya sebatas penyedia platform media sosial saja.

Mark Zuckerberg, selaku CEO Facebook baru saja membagikan secara langsung rencananya untuk Facebook di masa depan.

Dalam sebuah laporan yang dilakukan oleh The Information, Zuckerberg membocorkan proyek pengembangan perangkat kacamata Virtual Reality (VR).

Ia menyebutkan bahwa Facebook sedang membuat beberapa peningkatan untuk kemampuan Oculus VR yang saat ini sudah dijual di masyarakat.

Baca Juga: Facebook Tak Terima Apple Ubah Pengaturan Keamanan Penggunanya

Lebih detil, Zuckerberg menyatakan kalau bakal ada avatar realistis yang menjadi sebuah terobosan maju dari cara orang untuk menelepon atau melakukan panggilan video.

"Anda benar-benar akan dapat beriteraksi dengan mereka," ucap Mark Zuckerberg kepada The Information dalam sesi wawancara podcast.

Menariknya, ia juga mengklaim kalau para penggunanya akan mendapatkan pengalaman yang lebih luas daripada hanya sekedar berkomunikasi di dunia virtual.

Seperti apa cara bekerjaRealitas Virtual tersebut? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Zuckerberg menyatakan kalau idenya tentang avatar ini mencakup "kontak mata otentik" dan mampu menghadirkan kepribadian asli pengguna.

"Anda akan dapat mengambil game atau objek lain dan menjadikannya sebagai objek virtual dan beriteraksi dan menyelesaikan pekerjaan dan bermain game bersama-sama dengan semua itu," ucapnya.

Baca Juga: Facebook Hapus Konten Bully 2 Kali Lipat, Batasi Perilaku Toxic!

Dan penyediaan fitur masa depan ini dimungkinkan akan dilakukan pada perangkat Oculus Quest 3 dan 4.

"Salah satu hal yang saya sukai untuk versi mendatang adalah mendapatkan pelacakan mata dan wajah," jelas Zuckerberg.

Editor

Oculus Rift, perangkat headset berteknologi realitas virtual yang tengah meledak popularitasnya di k

Ia beralasan bahwa hal tersebut dapat membuat orang-orang lebih bersemangat lagi.

Kepastian perangkat yang membawa sensor yang disempurnakan pun akan membuat aktifitas komunikasi melalui VR menjadi lebih baik.

Baca Juga: 20 Juta Lebih Konten Kekerasan Anak Dilaporkan Tersebar di Facebook

Dengan adanya pernyataan dari Zuckerberg itu, nampaknya Facebook memang benar-benar akan mengembangkan teknologi VR untuk tahun ini.

Pasalnya pada bulan Februari lalu, Mark Zuckerberg sempat mengisi sebuah ruang pertemuan di aplikasi Clubhouse dengan nama "Zuck23".

Di dalam diskusi itu, bos Facebook menyebut kalau perusahaannya akan fokus terhadap terkaitAugmented Reality(AR) danVirtual Reality(VR).

Bulan Januari, Facebook mengumumkan rencananya untuk merilis kacamata pintar tahun ini lewat kemitraan dengan pembuat kacamata Luxottica.

Kacamata itu - meskipun bukan kacamata AR - dimaksudkan untuk membantu Anda tetap terhubung dan tidak melewatkan momen melihat layar atau saat meraih ponsel Anda, kata Andrew Bosworth, kepala Facebook Reality Labs, awal tahun ini.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya