Dua Fitur Baru Instagram Untuk Cegah Bullying dan Bantu Olshop Jualan

Rabu, 08 Juli 2020 | 12:15
Engadget

Instagram

Nextren.com -Instagram merupakan sosial media yang terus mengeluarkan fitur baru terkait dukungan yang ada di masalah sosial.

Sekitar sebulan yang lalu (19/5), Instagram hadirkan fitur untuk mencegah komentar negatif atau bullying.

Fitur tersebut ada tentang Well-Guides, Tag and Mention Controls, dan Comment Controls.

Dari ketiga fitur tersebut ada satu lagi fitur yang kemarin (7/7) baru diluncurkan yaitu Pinned Comments.

Baca Juga: Fitur Baru Instagram Bisa Tampilkan Semua Stories di Satu Halaman

Dengan adanya Pinned Comments atau komentar yang ditandai ini, pengguna bisa fokus hanya ke satu komentar yang ada pada postingannya.

Mashable

Tandai komentar favorit, fitur baru di Instagram.

Instagram dalam inovasi ini bertujuan untuk penggunayang sering mendapat komentar jahat, agar komentar yang positif bisa dibaca pada bagian atas tanpa harus melihat komentar lainnya.

Fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna pada postingannya sendiri bukan pada postingan orang lain.

Baca Juga: Google Plus Sudah Ditiadakan Hari Ini, Penggantinya Juga Sudah Hadir

Setelah menghadirkan fitur Pinned Comments, Instagram juga memiliki inovasi baru untuk membantuolshop atauOnline Shop.

Nama fiturnya ialah Shop Tab yang dimana dijadikan menu tersendiri di aplikasi Instagram.

Kemarin, fitur ini juga baru diuji coba ke sebagian kecil global dan pertama kali diumumkan pada bulan Mei.

Baca Juga: MAP Fashion Masuk ke Marketplace Online Lewat Fashion From Home

Dalam menu tersendiri, pengguna bisa menyaring produk berdasarkan kategori, melalui pengalaman toko yang ada di Instagram Explore.

Instagram sebelumnya pada Mei juga berencana hadirkan tata letak desain yang berbeda pada menu Shop yang terdapat pada Explore, yang saat ini tidak lanjut diuji cobakan.

Perbedaan utama adanya Shop Tab ini ialah menggantikanikon hati atau yang berguna untuk melihat aktivitas pada aplikasi Instagram.

Namun, bukan berarti pengguna tidak bisa melihat aktivitas dalam akunnya kembali, melainkan ikon tersebut berpindah tempat ke sebelah ikon pesawat atau DM.

Baca Juga: Facebook Masih Jadi Sosial Media yang Paling Sering Dipakai, Diikuti Twitter Instagram dan TikTok

Pengguna juga bisa melihat aktivitas ketika mengklik akun profile dan ada ikon hati halaman tersebut.

Dalam Shop Tab, pengguna dapat memfilter merek atau barang yang mereka ingin cari seperti kecantikan atau pakaian dan aksesoris.

Selain itu, tidak semua produk yang dipamerkan dalam versi Shop ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa langsung dari keranjang universal Instagram.

Sebaliknya, beberapa merek memiliki item yang ditandai untuk belanja, tetapi mengarahkan pengguna ke situs web mereka sendiri untuk menyelesaikan transaksi.

Baca Juga: 3 Fakta Anastasia Tropitsel, influencer Rusia yang Tewas di Bali

Bila Instagram menghadirkan fitur Checkout akan besar kemungkinannya penjualan toko akan memakai harga yang kecil atau sedikit daripada sebelumnya.

Opsi Shop atau belanja ini diletakkan di layar dengan gambar yang lebih besar di bagian atas layar, diikuti oleh deretan merek yang dapat digulir, dan kemudian konten yang dipersonalisasi di bawah ini di bagian "Disarankan Untuk Anda".

Tech Crunch

fitur belanja Instagram

Melansir Tech Crunch, fitur Shop Tab akan tiba di akhir tahun namun tanggal pastinya belum diketahui.

Baca Juga: Kini Instagram Berikan Fitur Belanja Untuk Akun Kreator Biasa

Saat ini Shop Tab sedang diuji coba di Amerika Serikat danInstagram mengatakan akan menggunakan hasil tes ini untuk menentukan bagaimana akan meluncurkan Shop lebih jauh.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Tech Crunch, Engadget

Baca Lainnya